Ketahui Tingkatan Chef Restoran Dalam Kitchen Hierarchy

kitchen hierarchy via freepik ala duniamasak

Di dalam restoran, terdapat banyak bagian yang menopang jalannya aktivitas di dalam maupun luar dapur. Kali ini, Duniamasak.com ingin memberikan informasi mengenai tingkatan chef restoran dalam kitchen hierarchy.

Kitchen Hierarchy

Executive Chef

Semua orang pasti mengidamkan untuk berada di posisi teratas yang ada di dapur yaitu Executive Chef. Kepala dapur atau Executive Chefย adalah salah satu jabatan terpenting dari kitchen hierarchy. Tanggung jawab pokok dari Executive Chef sebenarnya lebih banyak pada pada perihal administrasi, seperti mengecek daftar pesanan barang ke gudang, membuat menu, mengatur dan mengawasi seluruh tugas-tugas dapur. Tugas yang lebih khususnya adalah dalam proses pengadaan dan pengolahan makanan wajib sesuai dengan standar yang telah ditetapkan termasuk membuat food cost.

Sous Chef

Posisi inilah yang menjadi tangan kanan atau wakil Executive Chef yaitu Sous Chef. Posisi ini bertugas untuk menyusun jadwal Executive Chef dan bertanggung jawab atas segala keputusan serta menggantikan posisi Executive Chef dalam dapur jika Executive Chef berhalangan hadir. Selain itu,  Sous Chef turut membuat laporan serta ide-ide dengan tujuan untuk mencapai target yang diinginkan oleh restoran. Seperti layaknya sahabat, Sous Chef juga membantu Executive Chef untuk menghitung food cost setiap bulannya serta membantu menyusun jadwal kerja atau shift karyawan.

Baca lainnya  11 Manfaat Buah Cempedak yang Jarang Diketahui Orang!

Chef De Partie (Cold kitchen, Hot kitchen, Butcher, Pastry)

Jika dalam hierarki oraganisasi perusahaan, posisi ini sama seperti supervisor. Ya, Chef De Partie bertanggung jawab untuk mengawasi jalannya operasional dapur dan dapat turun tangan langsung dalam mengolah makanan. Selaku supervisor, Chef De Partie juga menjadi pemimpin dalam masing-masing bagian divisi dapur seperti bagian Cold Kitchen, Hot Kitchen, Butcher, dan Pastry. Setelah dirasakan pekerjaan oleh bawahannya sudah selesai, maka Chef De Partie akan melalukan finishing pada hasil pekerjaan mereka. Chef De Partie juga secara langsung berkomunikasi dengan Sous Chef atau Excutive Chef untuk memastikan bagian lain bekerja dengan baik.

Demi Chef

Terdapat divisi dapur yang bertugas sebagai penjaga kualitas menu makanan yang dihasilkan dari semua bahan baku yang ada yaitu posisi Demi Chef. Selain bertugas sebagai quality controller, Demi Chef juga mempunyai tanggung jawab untuk mengontrol stok bahan baku serta memastikan semua pekerjaan divisi dalam dapur berjalan dengan lancar dan benar

Commis Chef

Setelah semua bahan disiapkan, saatnya untuk mengolah bahan baku dasar yang akan dikerjakan oleh Commis Chef. Divisi ini bernaung di bawah perintah dan pengawasan Chef de Partie, Sous Chef, dan Head Chef. Pada dasarnya, Commis Chef terdiri dari beberapa tingkatan antara lain Commis 3, Commis 2, dan Commis 1 yang merupakan tingkatan paling tinggi. Untuk beberapa kegiatan tertentu, Commis Chef juga diberikan wewenang untuk bertindak sebagai Chef de Partie atau Demi Chef jika mereka sedang berhalangan.

Baca lainnya  Kenali Tanda Kerusakan Pada Oven Berikut Ini

Cook Helper

Setiap karyawan yang baru direkrut dalam suatu restoran, biasanya akan ditempatkan di posisi Cook Helper terlebih dahulu. Tugas seorang Cook Helper yaitu mempersiapkan bahan-bahan makanan yang akan diolah, membantu setiap bagian dalam divisi  dapur apabila sedang dibutuhkan, dan mencuci peralatan masak maupun membersihkan dapur hingga bersih.

Demikianlah kitchen hierarchy yang ada di dalam tingkatan chef restoran. Ternyata banyak sekali divisi yang membantu dalam setiap sajian masakan yang dimakan ya. Terima kasih para pahlawan dapur, teruslah berinovasi dalam menu makanan agar lidah masyarakat Indonesia tetap termanjakan oleh hidangan yang lezat dan nikmat ya ๐Ÿ™‚

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!