Khasiat Buah Durian Yang Jarang Diketahui

Khasiat buah durian via freepik ala duniamasak

Durian atau yang terkenal dengan sebutan King of Fruitย merupakan buah tropis yang berasal dari wilayah Asia Tenggara. Nama ini diambil dari ciri khas kulit buahnya yang keras dan duri tajam. Sebenarnya, durian adalah buah yang eksotis dan cukup kontroversial karena aromanya yang semerbak sehingga banyak orang yang menyukainya namun sebagian yang lain juga tidak suka. Namun dibalik semua kontroversinya, tahukah kamu bahwa buah durian terdapat banyak khasiat yang bisa diperoleh? Yuk, simak artikelnya di bawah ini:

Khasiat Buah Durian

Khasiat buah durian yang jarang diketahui via freepik ala duniamasak
Khasiat buah durian yang jarang diketahui via freepik

Membantu menjaga kesehatan tulang

Durian memiliki kandungan logam antara lain kalium dan kalsium yang dapat membantu menjaga tulang agar selalu sehat dan kuat. Kandungan kalium sangat penting untuk mengatur penyebaran dan pengendapan kalsium pada tulang sehigga tidak akan larut atau dilepaskan ke dalam darah secara berlebihan.

Membantu meringankan depresi

Buah durian mempunyai amino acid yang diyakini sebagai senyawa pemicu tidur alami (triptofan). Senyawa ini peting untuk mengatur fungsi tidur dan dapat digunakan dalam penyembuhan epilepsi. Triptofan juga mampu meningkatkan kadar serotonin dan melatonin yang diperlukan untuk mengelola emosi manusia. Selain itu, dua kandungan kimia ini dapat membantu dalam mengurangi stress, sulit tidur, kecemasan, serta depresi.

Baca lainnya  Makanan Hits Belakangan Ini, Kamu Sudah Cobain Belum?

Membantu sistem pencernaan

Tahukah kamu bahwa durian memiliki kandungan serat tinggi yang berguna untuk sistem pencernaan? Serat ini dapat membantu pergerakan usus menjadi meningkat dalam jumlah besar dan membuatnya lebih mudah bergerak melalui saluran usus. Selain itu, serat dalam buah durian dapat mengurangi beberapa jenis penyakit seperti sembelit dan penyumbatan di usus.

Meredakan anemia

Penyakit anemia adalah kondisi dimana jumlah hemoglobin pada sel darah merah lebih rendah dari jumlah yang normal. Kekurangan hemoglobin dapat menyebabkan kelelahan, sakit kepala, dan insomnia. Ada yang percaya bahwa wanita hamil yang terkena anemia akan mempengaruhi janin seperti menimbulkan kelainan hingga kematian. Buah durian memiliki kandungan asam folat yang tinggi sehingga penting dalam memproduksi hemoglobin dan mengurangi kondisi anemia.

Baca lainnya  Tips Menyimpan Gelas Ukur Dapur Ala Tim Duma

Melawan kanker

Memang tak disangka bahwa durian memiliki kandungan vitamin, nutrisi, dan senyawa kimia alami yang berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan ini penting untuk melawan kanker serta radikal bebas. Perlu diketahui bahwa radikal bebas dapat menghancurkan DNA dari sel biasa dan mengubahnya menjadi sel kanker bahkan dapat membentuk pertumbuhan tumor yang fatal. Maka dari itu, vitamin C, vitamin B, vitamin E, dan fitonutrien dalam durian juga dapat membunuh sel-sel kanker.

Mencegah penuaan diri

Selain khasiat diatas, ternyata buah durian juga bisa bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa durian memiliki berbagai jenis antioksidan dari vitamin dan senyawa kimia alami yang aktif dalam mengurangi jumlah radikal bebas dalam tubuh. Hal tersebut dapat membantu mengurangi penuaan dini dan menghambat munculnya gejala penuaan misalnya kulit keriput, bintik-bintik penuaan, degenerasi makula, rambut rontok, dan pelonggaran gigi. Kandungan air dalam durian juga dapat menjaga kulit tetap terhidrasi, mengurangi kekeringan serta mengurangi munculnya garis-garis halus pada kulit.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!