Kikugawa: Salah Satu Restoran Jepang Tertua di Jakarta

Interior Kikugawa via dok. Duniamasak.com

Sahabat duma, bagi kamu pecinta kuliner Jepang, pasti sudah tak asing lagi dengan restoran Jepang tertua di Jakarta yang satu ini: Kikugawa. Restoran ini merupakan salah satu restoran Jepang tertua dan paling lama bertahan di Jakarta lho.

Sejarah Restoran Kikugawa: Salah Satu Restoran Tertua di Jakarta

Yoanita Dwi Cahyo, General Manager Kikugawa Japanese Restaurant, menceritakan bahwa pemilik restoran yang bernama Kikuchi sangat mencintai Indonesia dan mendirikan restoran ini bersama istrinya yang berlatar belakang sebagai perempuan Manado.

Karena kecintaannya pada Indonesia sangat kuat, Kikuchi membuat restoran khas Indonesia di Roppongi bernama Bengawan Solo, yang disebut-sebut sebagai salah satu restoran Indonesia pertama di Tokyo. Pada tahun 1969, Kikuchi dan istrinya membuka restoran Jepang di Cikini, Jakarta bernama Kikugawa. Nama Kikugawa ini sedikit unik, Kiku ini dari nama Kikuchi, sementara Kawa adalah sungai. Tak lain karena kecintaan Kikuchi pada lagu Bengawan Solo ciptaan Gesang, lagu yang memang banyak dicintai oleh Bangsa Jepang di era itu.

Interior Restoran via dok. Duniamasak.com

Interior Restoran via dok. Duniamasak.com

Berdasarkan informasi yang tim duma dapatkan, Kikugawa sejauh ini tercatat sebagai restoran Jepang pertama di Jakarta setelah era Perang Dunia II. Mengingat saat itu adalah masa Orde Baru, Kikugawa tercatat sebagai saksi restoran Jepang yang sering dikunjungi staf-staf diplomatik Jepang untuk memuaskan rasa rindu akan kampung halaman ataupun warga Jepang pada umumnya yang berminat membuka peluang lobby-lobby bisnis di Indonesia.

Baca lainnya  Berikut Cara Menghemat Listrik untuk Kulkas 1 Pintu!

Menu-menu Rekomendasi Kikugawa

Interior Restoran via dok. Duniamasak.com

Interior Restoran via dok. Duniamasak.com

Oiya sahabat duma, selain itu Kikugawa masih mempertahankan sistem restoran kuno. Dengan memberi jeda pada jam buka, Kikugawa hanya buka antara pukul 11.30 – 15.00 WIB kemudian istirahat dan tutup sebentar, kembali buka lagi untuk makan malam antara jam 17.30 sampai kemudian tutup kembali jam 22.00 WIB.

Suasana masa lalu pun kental di interior Kikugawa. Tidak seperti restoran Jepang di mall-mall yang gemerlapan dan mengesankan nuansa Jepang. Di Kikugawa suasananya sungguh syahdu dengan musik intrumental Jepang. Sementara nuansa restorannya seperti rumah-rumah tradisional Jepang, dengan ornamen bambu, kaligrafi huruf Jepang, boneka Jepang dan aksesoris-aksesoris kecil Jepang lainnya.

Interior Restoran via dok. Duniamasak.com

Interior Restoran via dok. Duniamasak.com

Menunya hampir sama dengan restoran Jepang kebanyakan, ada sashimi, udon, sukiyaki, sushi, tempura, tofu, teriyaki dan menu set. Namun, restoran ini tidak berusaha menjadi modern, tapi tetap bertahan dengan nuansa masa lalu. Restoran ini masih mempertahankan menu-menu khas sejak pertama restoran ini dibuka. Meskipun pasang surut pengunjung restoran yang datang, restoran ini masih mempertahankan cita rasa khas Jepang sejak dulu.

Kikugawa Set A

Kikugawa Set A via dok. Duniamasak.com

Kikugawa Set A via dok. Duniamasak.com

Menu set yang satu ini, bisa kamu nikmati lengkap dengan daging ayam dan ikan gindara pilihan, sayuran, serta lengkap dengan nasi putih hangat pulen khas Jepang. Rasa ikan yang khas ditambah lagi dengan kecap Jepang sebagai penambah cita rasa dan miso soup sebagai pembuka hidangannya. Nikmati selagi hangat.

Baca lainnya  Waha Kitchen, Hidangan Khas Peranakan Hanya di sini!

Kiku Set

Kiku Set via dok. Duniamasak.com

Kiku Set via dok. Duniamasak.com

Salmon Sashimi, Tenpura Sukiyaki, Yakitori , dan nasi pulen khas Jepang. Menu ini juga sangat direkomendasikan buat kamu yang belum pernah mencoba makanan Jepang, namun ingin menikmati semua menu khas Jepang lengkap hanya dengan satu set menu saja.

Tamagoyaki

Tamagoyaki via dok. Duniamasak.com

Tamagoyaki via dok. Duniamasak.com

Tak ketinggalan, tamagoyaki atau telur khas Jepang ini juga harus kamu cobain ya! Telur empuk dengan cita rasa yang legit, apalagi kamu menikmatinya dengan kecap jepang, enak banget sebagai pelengkap menu-menu yang lain. Untuk minumannya, nggak lengkap rasanya jika ke restoran Jepang tidak menikmati ocha. Yap, ocha di kikugawa ini pas banget rasanya, tidak terlalu pahit, namun tetap dengan cita rasa ocha khas Jepang. Eits, tak lupa untuk dessert, kamu harus menikmati es krim di Kikugawa ini. Ada varian rasa matcha (green tea) dan ogura (kacang merah) lho. Es krim lembut dengan manis yang pas. Dijamin kamu ketagihan deh.

Matcha Ice Cream & Ogura Ice Cream via dok. Duniamasak.com

Matcha Ice Cream & Ogura Ice Cream via dok. Duniamasak.com

Oiya, sahabat duma, bagi kamu yang ingin menyantap menu di restoran ini, jangan lupa dengan jam-jam operasional yang udah tim duma jelasin di atas ya! Apalagi biasanya disini juga suka diadakan beberapa event workshop seperti ikebana dan mendekor bento. Kamu juga bisa ikutan. Jika kamu ingin mengadakan event-event disini juga bisa lho! Ruangan akan disiapkan oleh pihak restoran, dimulai dari dekorasi dan persiapan eventmu yang akan dibantu oleh pihak restoran.

Reservasi di sini ya!
Lokasi :
Jalan Cikini IV, No. 13. Menteng, Jakarta Pusat.
Untuk reservasi bisa menelepon di nomor 021-3150668 atau email [email protected]

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!