Kopi Decaf, Aman Atau Tidak Ya?

Coffee decaf via freepik ala tim duniamasak.com

Kopi yang satu ini memang identik dengan kopi bebas kafein kurang lebih 97% kandungan kafeinnya telah hilang. Kopi ini umumnya sering di konsumsi sebagian orang yang merasa sensitif terhadap kandungan kafein yang ada dalam kopi. Kopi ini melalui berbagai macam tahapan proses hingga menghasilkan kopi bebas kafein. Namun, apakah kopi decaf ini aman untuk dikonsumsi? Yuk kita simak!

Amankah Bila Kita Mengonsumsi Kopi Decaf?

kopi decaf via freepik ala tim duniamasak.com
Kopi via freepik

Kopi decaf merupakan asal kata decaffeinated coffee, seperti yang sudah diulas diawal bahwa kopi ini menghilangkan kandungan kafein didalamnya. Dengan proses pembersihan menggunakan bahan-bahan seperti air, karbon dioksida, pelarut dan juga filter arang. Walaupun kandungan kafein dalam kopi ini telah berkurang ternyata nutrisi dalam kopi tersebut tetap sama dengan kopi pada umumnya.

Baca lainnya  Menu Bakaran Untuk Pesta Tahun Baru

Untuk rasa dan juga aroma, kopi ini terasa lebih ringan dibandingkan kopi biasa. Untuk warna pada kopi itu tergantung pada metode dekafeinasi yang dilakukan. Kopi ini aman untuk dikonsumsi dikarenakan mengandung antioksidan yang dapat mencegah timbulnya penyakit seperti kanker dan juga penyakit jantung.

Benarkah Kopi Decaf Lebih Sehat Bila Dibandingkan Dengan Kopi Pada Umumnya?

Bila sahabat Duma bertanya apakah kopi decaf lebih sehat dibanding dengan kopi biasa? Sampai saat ini belum dapat disimpulkan. Akan tetapi kopi tersebut aman untuk lambung dikarenakan kadar kafein dalam kopi ini. Kadar kafein yang nyaris tidak ada, dapat membuat rasa panas dalam perut ketika maag berkurang jika dibandingkan ketika kita mengonsumsi kopi biasa.

Baca lainnya  7 Sajian Khas Imlek, Mana Favoritmu?

Apakah kita dapat membuat kopi decaf sendiri?

Kopi ini dibuat melalui proses dekafeinasi yang dilarutkan dengan campuran bahan-bahan tertentu. Hal ini tentu membutuhkan mesin yang dapat dikontrol oleh para ahli. Terdapat juga metode dekafeinasi yang melarutkan dengan pelarut organik. Namun tetap saja dibutuhkan keahlian khusus untuk memastikan kopi dapat dikonsumsi dan juga layak untuk dijual.

Saran Duma, jika kita ingin mencoba kopi ini sebaiknya kita memesan biji kopi yang telah digiling di beberapa supermarket atau kita dapat memesan langsung di coffee shop untuk mencoba kopi yang satu ini.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!