Lebaran Tetap Sehat dengan 3 Rumus Jitu!

lebaran tetap sehat makanan via masakapahariini.com ala tim duniamasak.com

Lebaran adalah hari yang dinantikan oleh umat muslim setelah sebulan penuh berpuasa. Di Indonesia, perayaan Idul Fitri sangat identik dengan makan bersama keluarga serta mengunjungi rumah keluarga untuk bersilaturahmi. Makanan-makanan yang disajikan saat Lebaran pun beragam, mulai dari opor ayam, semur daging, sayur, ketupat, rendang dan sambal ati yang menggugah selera siapa saja yang melihatnya. Namun agar Lebaran tetap sehat, maka kita harus memperhatikan 3 rumus jitu berikut ini!

3 Rumus Jitu Lebaran Tetap Sehat

lebaran tetap sehat makanan via ajnn.net ala tim duniamasak.com
Makanan lebaran via ajnn.net

Di situasi yang seperti ini, kesehatan adalah hal yang paling penting. Pasalnya bila kita tidak menjaga kesehatan, akan mudah bagi virus-virus untuk menyerang tubuh kita. Untuk itu, saat perayaan Lebaran pun kita harus tetap menjaga kesehetan dengan mengikuti tips Lebaran tetap sehat yang Duma informasikan dibawah ini:

Rumus sehat 1 – Atur nafsu makan

Atur nafsu makan walaupun sebelumnya kita berpuasa sebulan penuh dan terbiasa menahan lapar dan haus namun bukan berarti kita makan terlalu banyak macam-macam makanan saat Lebaran. Atur nafsu makan dengan menyesuaikan kebutuuhan kalori sendiri. Cara menghitung kalori berdasarkan jenis kelamin sangat mudah, untuk pria: 30 kkal x berat badan. Sedangkan untuk wanita: 25 kkal x berat badan.

Baca lainnya  Apa Sih Perbedaan Rice Cooker, Magic Com, dan Magic Jar? Berikut Penjelasannya!

Rumus sehat 2 – Terapkan 3T (Tepat jadwal, Tepat jumlah, Tepat jenis) saat makan

  • Tepat jadwal
    Sesuaikan jadwal makan seperti hari biasanya. Biasanya kita makan 3 kali sehari boleh juga di selingi dengan snack yang mengandung serat seperti sayuran maupun buah-buahan.
  • Tepat jumlah
    Jumlah makanan yang dikonsumsi pun harus diperhatikan. Agar lebih mudah, saran Duma gunakan piring kecil bila ingin mencoba makanan yang bervariasi. Hal itu untuk mencegah kita mengkonsumsi makanan dengan jumlah berlebih. Selain itu ambillah makanan dengan komposisi yang seimbang.
  • Tepat jenis
    Seperti yang kita ketahui, berbagai jenis makanan banyak sekali disajikan saat Lebaran. Untuk itu perhatikanlah kandungan gizi pada makanan tersebut. Kurangi makanan yang pedas dan asam untuk menghindari asam lambung yang meningkat. Ada baiknya konsumsilah makanan yang direbus atau dipanggang dan hindari makanan yang mengandung santan dan minyak.
Baca lainnya  7 Makanan & Minuman Wajib Saat Buka Puasa, Sediakan ini ya!

Rumus sehat 3 – Silaturahmi sehat dengan #dirumahaja

Lebaran tahun ini memang terasa berbeda, pasalnya kita harus tetap menjaga kesehatan dan tetap #dirumahaja untuk menghindari penyebaran virus COVID-19. Apalagi bila kondisi kesehatan kita tidak memungkinkan untuk keluar rumah. Walaupun demikian, kita masih bisa bersilaturahmi sehat dengan keluarga, saudara dan kerabat melalui smartphone, tanpa perlu keluar rumah.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!