Cara Merawat Peralatan Masak Stainless Steel

Peralatan masak berbahan stainless steel memiliki beberapa keunggulan, seperti tampilannya yang ramping dan kekinian, serta cenderung tahan lama. Cara merawat peralatan masak stainless steel perlu diperhatikan agar awet, karena penggunaan terus menerus dapat mengakibatkan kerusakan.

Merawat Peralatan Masak Stainless Steel

Saucepan Stainless via DuniaMasak.com Cara Merawat Peralatan Masak Stainless Steel
Saucepan Stainless via DuniaMasak.com

Permukaan stainless steel rentan terhadap goresan sehingga mudah terlihat dan kurang menarik untuk dipajang di ruang makan. Untuk merawat peralatan masak stainless steel, Sahabat Duma bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Cuci dengan air hangat

Air hangat disarankan untuk mencuci peralatan stainless steel karena secara efektif menghilangkan sisa minyak dan kotoran serta membantu membuat peralatan menjadi awet.

Dibersihkan dengan cepat

Setelah menggunakan peralatan masak, penting untuk segera membersihkannya. Namun, biarkan permukaan menjadi dingin sebelum melakukannya. Hal ini karena peralatan masak berbahan stainless steel yang panas dapat rusak jika langsung terkena air dingin. Oleh karena itu, disarankan untuk menunggu beberapa menit sebelum mencucinya.

Pilih cairan pembersih yang tepat

Penting untuk menggunakan cairan pembersih yang sesuai untuk membersihkan. Jika lebih suka bahan alami, maka bisa menggunakan cuka, jus apel, dan jus lemon. Namun, jika menginginkan larutan pembersih yang lebih efektif, pilihlah larutan yang mengandung bahan kimia alkali atau non-klorida untuk mencegah karat. Saat membersihkan, lakukan gerakan memutar dengan kain pada permukaan logam.

Baca lainnya  Yuk Buat Lilin dengan Aroma Terapi Hanya dengan Bahan Dapur Ini

Gunakan spons lembut

Penting untuk berhati-hati saat merawat alat masak stainless steel, termasuk memperhatikan jenis spons yang digunakan untuk membersihkan. Disarankan untuk memilih spons atau kain dengan permukaan lembut agar tidak menimbulkan goresan.

Simpan di area yang kering

Perlu diperhatikan untuk menyimpan peralatan makan stainless steel di lingkungan yang kering untuk mencegah karat atau korosi, menghindari suhu ekstrim, kelembapan tinggi, dan oksigen terbatas.

Hindari goresan

Stainless steel lebih rentan tergores dan menjadi kurang menarik dibandingkan kayu. Disarankan untuk menghindari memotong makanan di dekat peralatan baja tahan karat. Jika terdapat goresan atau bekas, dapat diatasi dengan mengoleskan larutan cuka, diamkan beberapa saat, lalu bersihkan dan bilas area tersebut hingga bersih.

Baca lainnya  Inspirasi Kue yang Cantik untuk Acara Bridal Shower
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com