Macam-macam Buah Asam di Indonesia

Berbagai pilihan memasak menggunakan rempah-rempah di Indonesia memang bukan hal yang asing lagi. Bahkan rembah-rempah juga ada yang termasuk kedalam buah-buahan asam. Saat ini banyak varian buah asam yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Sebagian jenis buah yang asam pun termasuk kedalam kategori buah yang langka atau sulit didapatkan. Yuk kita lihat macam-macam buah asam dari Indonesia bersama tim Duniamasak.com!

Mengenal Macam-macam Buah Asam

Biasanya buah identik dengan rasa yang manis, namun kali ini Duma akan memberikan informasi mengenai macam-macam buah asam dari Indonesia. Mungkin sebagian sahabat Duma ada yang baru pertama kali melihat buah ini, yuk coba diintip buah asam ini!

Asam kandis

Asam kandis via putrajaya.co.id ala tim duniamasak.com Macam-macam Buah Asam
Asam kandis via putrajaya.co.id

Tampilan dari asam kandis memang mirip sekali dengan jamur shitake. Warnanya yang kecokelatan ini biasanya digunakan apabila sudah mengering. Kulit dari asam kandis yang memberikan cita rasa yang ada pada masakan. Asam kandis biasanya sering digunakan pada masakan-masakan khas Sumatera.

Asam mangga

Macam-macam Buah Asam mangga via freepik ala tim duniamasak.com
Asam mangga via freepik

Sahabat Duma pernah menemukan buah yang satu pada hidangan masakan bukan? Memang buah asam mangga ini memiliki rasa khas sehingga sering dijadikan saus pada hidangan ikan gurame goreng. Bagian dalam mangga ini digunakan untuk campuran makanan, beberapa ada yang mengeringkan terlebih dahulu ada juga yang langsung mencampur mangga yang masih segar dengan masakan.

Baca lainnya  Serupa Tapi Tak Sama, Berikut Perbedaan Frosting dan Icing

Asam sunti

Macam-macam Buah Asam Asam sunti via shopee ala tim duniamasak.com
Asam sunti via Shopee

Asam sunti adalah belimbing luwuh yang sudah dikeringkan. Biasanya sering digunakan pada makanan-makanan khas Aceh. Penggunaannya pun sangatlah mudah, cukup haluskan asam sunti dengan bumbu masak untuk menciptakan masakan yang enak dan segar.

Asam gelugur

Asam gelugur via greeners.co ala tim duniamasak.com
Asam gelugur via greeners.co

Asam gelugur termasuk kedalam buah asam yang langka. Umumnya asam gelugur mudah ditemukan di daerah Sumatera. Asalm gelugur masih satu keluarga dengan buah manggis. Untuk menggunakan asam gelugur, cukup iris tipis kulitnyaa kemudian di jemur hingga benar-benar kering. Setelah itu asam gelugur siap digunakan untuk campuran bumbu masakan.

Asam patikala

Asam patikala via lazada ala tim duniamasak.com
Asam patikala via lazada

Sekilas bentuknya mirip dengan kelapa sawit namun dengan ukuran yang lebih kecil. Biasanya asam patikala sering digunakan untuk masakan-masakan khas daerah Palopo. Patikala berasal dari isian bungan kecombrang yang telah dikeringkan. Tidak heran terdapat aroma khas bunga ketika menggunakan asam patikala.

Baca lainnya  Mau Usaha Jus Buah Laris Manis? Coba Deh Cara Berikut Ini!
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan