Manfaat Makanan Berwarna Oranye Bagi Tubuh: Konsumsi Rutin Yuk!

Manfaat makanan berwarna oranye ala duniamasak via pexels.com

Kamu menyukai makanan berwarna oranye sahabat duma? Nah tahukah kamu jika bahan makanan dari buah dan sayur berwarna oranye ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Informasi lengkapnya akan tim DuniaMasak jelaskan di bawah ini.

Manfaat Makanan Berwarna Oranye

Makanan berwarna oranye: wortel via pexels.com

Makanan berwarna oranye: wortel via pexels.com

Selama ini buah atau sayur berwarna hijau dianggap memberi segudang manfaat untuk kesehatan. Begitu pula dengan sayur buah berwarna oranye. Tahukah kamu makanan berwarna oranye diketahui kaya akan karotenoid yang salah satu fungsinya adalah untuk menyaring sinar UV yang membahayakan mata. Selain itu berikut manfaat dari sayur dan buah berwarna oranye:

Membakar Lemak Perut

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan dengan kadar karotenoid tinggi bisa mencegah kelebihan timbunan lemak terutama daerah perut. Buah dan sayur kaya beta-karoten juga baik untuk anak-anak untuk mengurangi tumpukkan lemak di perut.

Baik untuk Mata

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 100.000 laki-laki dan perempuan selama 35 tahun di Nurses Health Study menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi 2,5 cup karotenoid setiap minggu, memiliki risiko gangguan penglihatan 25-35 persen lebih rendah ketimbang mereka yang tidak mengonsumsi sama sekali.

Baca lainnya  Cara Menggunakan Kulkas Showcase Agar Tahan Lama & Produkmu Tertata Rapi

Membunuh Sel Kanker

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa mengonsumsi karotenoid dan beta karoten alami yang didapat dari sayur dan buah mampu melindungi tubuh dari bahaya sel kanker. Tak hanya itu, konsumsi makanan kaya karotenoid dapat menurunkan risiko kanker payudara dan kolorektal (rektum).

Meningkatkan Kekebalan (Imun)

Pigmen warna pada buah dan sayur berwarna oranye memiliki manfaat yang sama dengan vitamin A yaitu, baik untuk kesehatan sistem imun. Vitamin A diketahui mampu menjaga tubuh dari serangan penyakit autoimun seperti diabetes tipe 1, lupus dan skleroris multipel (ganda).

Ada banyak makanan berwarna orange yang bisa menurunkan berat badan dengan cepat, antara lain adalah :

Wortel

Baik mentah ataupun dimasak, wortel sangat baik untuk menurunkan beart badan. Bukan hanya kaya akan serat, namun juga betakaroten atau vitamin A dan berbagai mineral yang dibutuhkan tubuh terdapat dalam wortel yang juga memang rendah kalori dan sangat baik dikonsumsi kapanpun.

Baca lainnya  Merawat Panci Fincook Berbahan Dasar Stainless Steel

Jeruk

Buah yang kaya akan vitamin C dan serat ini juga sangat baik untuk membantu membakar kalori dan mengenyangkan perut lebih lama. Vitamin C merangsang produksi kartinin dalam tubuh yang membantu pembakran lemak dalam tubuh.

Labu

Buah yang kaya akan betakaroten ini juga merupakan makan super untuk menurunkan berat badan. Labu sangat kaya akan serta DNA karbohidrat, tetapi rendah dengan kalori dan bisa mengenyangkan dengan cepat, jadi sangat cocok untuk makanan diet.

Mangga

Meski buah mangga kaya akan karbohidrat dan tinggi kalori, namun buah mangga juga kaya akan serat. Mengkonsumsi mangga matang bisa mengganti asupan nasi atau karbohidrat harian anda. Karena mangga juga kaya akan vitamin A dan C, mangga bisa membantu membakar kalori dan menutrisi tubuh.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!