Dibalik Makanan Jepang: Sushi yang Harus Kamu Ketahui

Makanan Jepang: sushi via pexels

Sahabat duma, kamu salah seorang penggila masakan Jepang? Salah satu masakan Jepang yang paling terkenal yaitu sushi. Nah, makanan Jepang: sushi ini mempunyai banyak makna lho jika dimakan. Apa aja sih keterangan lebih lanjutnya?

Makanan Jepang: Sushi Unik

Makanan Jepang: sushi via pexels
Makanan Jepang: sushi via pexels

Pilih gulungan yang sehat

Hal yang harus kamu perhatikan adalah gulungan sushi yang sehat. Bahan-bahan yang terdapat dalam segulungan sushi sangat menentukan sehat tidaknya makanan tersebut. Karena itu pastikanlah untuk mengkonsumsi sushi yang mengandung ikan tinggi protein, rendah kalori dan dikemas dengan nutrisi omega 3. Pastikan pula kalau sayuran yang dipakai masih dalam konsidi segar, kaya serat.

Jangan menggunakan saus kedelai saat menyantapnya

Saus bisa dengan cepat meningkatkan kadar natrium dan lemak dalam sushi. Mayonaise pedas, misalnya, adalah sumber lemak yang sangat terkonsentrasi. Jadi kalau bisa nikmatilah sushi dengan acar sebagai penambah kelezatannya.

Baca lainnya  Beragam Katsu Khas Kimukatsu Kini Hadir di Jakarta Lho!

Nikmati sushi dengan ikan yang berkualitas

Ikan salmon adalah jenis ikan laut yang banyak digunakan dalam tambahan sushi. Para ahli mengatakan kalau pecinta sushi harus tetap berhati-hati saat harus makan ikan mentah. Saat memakan sesuatu yang mentah, ada risiko yang akan berdampak sakit dari bakteri dan parasite.

Oleh sebab itu, pastikanlah lebih dulu bahwa ikan salmon yang digunakan berkualitas tinggi. Ikan mentah tidak boleh ditinggalkan selama lebih dari dua jam atau lebih lama dari satu jam.

Masalah kesehatan lain saat mengkonsumsi sushi adalah kandungan merkuri atau zat logam yang terpapar di lingkungan kita. Tapi diperparah oleh polusi udara yang diserap oleh sebagian besar makanan laut dan kerang. Mengkonsumsi sejumlah kecil merkuri melalui makanan laut memang masih aman bagi kebanyakan orang, tapi akan sangat berbahaya bagi wanita hamil dan anak-anak.

Baca lainnya  Konsumsi Makanan Rendah Kalori dan Lemak Berikut Ini!

Ganti nasi putih dengan nasi merah

Untuk meminimalisir jumlah kalori dalam sepotong sushi, kamu juga bisa mengganti nasi putih dengan nasi merah. Tapi jika menu ini tidak tersedia, kamu hanya perlu mengurangi jumlah sushi yang dikonsumsi. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menyantap sushi dengan campuran makanan kaya protein atau serat seperti edamame atau sayuran, bisa dengan sup miso atau salad.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!