Makanan Saat Terserang Diare, Aman Dikonsumsi!

Makanan saat terserang diare via freepik ala tim duniamasak.com

Saat diare menyerang, perasaan mulas dan ingin selalu buang air besar menjadi sering dirasakan. Tentunya hal tersebut sangat mengganggu bukan? Jika tak ingin berlama-lama mengalami diare, sebaiknya sahabat Duma memperhatikan asupan makanan saat terserang diare. Pastikan makanan yang masuk kedalam tubuh aman untuk dikonsumsi dan tidak memperparah penyakit diare.

Pilihan Makanan Saat Terserang Diare, Agar Tubuh Kembali Pulih

Makanan saat terserang diare via freepik ala tim duniamasak.com
Diare via freepik

Makanan yang kebersihannya tidak terjamin, biasanya akan menyebabkan infeksi pencernaan dan membuat tubuh terserang diare. Usus tidak dapat menyerap nutrisi dan juga cairan secara optimal karena usus terinfeksi. Hal itu menyebabkan, sisa makanan yang dibuang memiliki tekstur yang cair. Agar memulihkan kondisi tersebut, maka sebaiknya kita harus memilih dengan teliti makanan saat terserang diare. Berikut ini adalah pilihan makanan saat terserang diare:

Makanan hambar atau roti tawar

Makanan saat terserang diare sebaiknya makanan yang tidak mengandung banyak bumbu atau rempah yang kuat. Karena makanan yang memiliki rasa yang kuat seperti lada, cabai, dan bawang putih akan semakin mengiritasi perut yang mengalami diare. Untuk itu sebaiknya penderita diare disarankan mengonsumsi makanan yang hambar seperti roti tawar. Sebagai alternatif, sahabat Duma dapat mengoleskan sedikit mentega secara tipis dan memanggangnya. Rasa tawar pada makanan yang hambar tidak akan memicu rasa mual ketika kita mengonsumsinya. Sehingga tubuh memiliki asupan yang cukup.

Baca lainnya  Cara Mengolah Makanan Kaleng Agar Lebih Sehat Untuk Sahur

Makanan berkuah

Saat diare, cairan dalam tubuh banyak berkurang karena kita mengalami buang air besar secara terus menerus. Untuk menghindari dehidrasi akibat hilangnya cairan dalam tubuh sebaiknya kita memperbanyak mengkonsumsi air putih. Sehabis buang air besar kita sebaiknya meminum segelas air. Sebagai alternatif, sahabat Duma dapat mengonsumsi minuman isotonik bahkan makanan yang berkuah seperti sup ayam atau sayur bayam bening. Makanan berkuah tersebut, selain untuk mengganti cairan tubuh yang hilang, makanan berkuah juga dapat mengenyangkan tubuh dan menambah energi tubuh.

Daging kukus

Daging merupakan salah satu makanan yang dapat membantu untuk mengatasi penyakit diare. Oleh sebab itu, mengonsumsi daging saat sedang terserang diare adalah pilihan yang tepat. Namun, sebaiknya jangan menggoreng daging, melainkan dikukus tanpa rempah-rempah yang berlebih. Hal itu untuk menghindari diare yang semakin parah.

Baca lainnya  Daftar Makanan Enak Khas Malaysia yang Wajib Kamu Coba!

Nasi putih atau bubur

Pilihlah makanan yang kaya akan karbohindrat seperti nasi putih. Seperti yang kita ketahui, nasi putih mudah dicerna oleh tubuh dan tidak membuat usus berkerja secara maksimal untuk mengolahnya. Dengan mengonsumsi nasi putih atau bubur, tubuh akan menjadi lebih bertenaga.

Saat diare menyerang, kita memang harus ekstra hati-hati dalam memilih makanan. Keberihan dari makanan yang kita konsumsi juga menjadi prioritas utama agar kondisi tidak semakin buruk.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!