Makanan yang Harus Kamu Hindari Selama Puasa!

Hindari Selama Puasa Masakan Pedas via www.healthline.com

Sahabat duma, lagi-lagi tim DuniaMasak hadir dengan artikel yang akan menunjang kegiatan ibadahmu selama bulan puasa nanti. Nah, yang paling penting untuk harus kamu ketahui adalah makanan-makanan yang harus kamu hindari selamaย puasa. Hal ini berguna agar kegiatan ibadahmu tak terganggu dikarenakan sakit dan mengonsumsi makanan yang salah. Apa aja sih makanan yang membahayakanmu saat bualan puasa? Simak penjelasannya yuk!

Makanan Berikut Harus Kamu Hindari Selama Puasa

Makanan yang Terlalu Manis

Jika kamu mengonsumsi makan-makanan yang mengandung gula rafinasi dan karbohidrat sederhana seperti biskuit, permen, coklat, dan cake saat sahur, hati-hati ya sahabat duma! Karena makanan tersebut dapat menyebabkan peningkatan kadar glukosa darah yang diikuti penurunan secara cepat sehingga cadangan energi yang ada di dalam tubuh kita tidak akan bertahan lama.

Apalagi, makanan manis saat berbuka puasa sudah menjadi tradisi di Indonesia. Kamu tahu nggak sih sebenarnya, saat berbuka puasa dengan makanan manis secara berlebihan justru dapat meningkatkan kadar glukosa secara signifikan. Bahkan membuatmu kesulitan mengontrol nafsu makan lho!

Makanan manis yang harus kamu hindari selama puasa via pixabay.com

Makanan manis yang harus kamu hindari selama puasa via pixabay.com

Sebaiknya,ย konsumsilah sumber karbohidrat kompleks seperti beras merah dan gandum utuh saat sahur. Sedangkan saat berbuka, makanlah beberapa butir kurma segar untuk menormalkan kadar gula darah yang turun selama berpuasa. Kurma segar lebih sehat dan mengandung berbagai vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh lho!

Baca lainnya  6 Ide Sajian Menarik Kue untuk Anak di Hari Pestanya

Makanan yang Terlalu Asin

Makanan dengan kadar garam tinggi dapat mengacaukan keseimbangan sodium dan potassium dalam darah serta mengganggu kemampuan ginjal untuk mengeluarkan air dari tubuh. Akibatnya, tekanan darah meningkat dan zat-zat beracun yang tidak diperlukan oleh tubuh sulit dikeluarkan. Dalam jangka waktu yang lama, makan- makanan terlalu asin akan menyebabkan gangguan kesehatan pada arteri, jantung, hingga otak.

Makanan Pemicu Produksi Gas Lambung

Beberapa makanan yang sulit dicerna oleh lambung dapat merangsang produksi gas berlebihan. Akibatnya, timbul rasa kembung yang kadang disertai nyeri di perut kita. Makanan tersebut diantaranya sayuran: brokoli, kembang kol, kubis dan lainnya. Selain itu, makanan manis yang mengandung sorbitol, bawang merah, bawang putih, dan pop corn juga dapat memicu produksi gas berlebihan.

Baca lainnya  Resep Yunita Anwar: Mie Ayam Jamur Kesukaan Keluarga

Makanan Pedas

Cabai memang mengandung vitamin C tinggi dan dapat meningkatkan nafsu makan. Namun, terlalu banyak makan-makanan pedas dapat memicu panas dalam, gangguan pencernaan, dan rasa panas di ulu hati. Konsumsi makanan pedas berlebihan dalam jangka panjang akan dapat menyebabkan kerusakan pada dinding lambung.

Beberapa jenis makanan di atas sebaiknya kamu hindari selama puasa ya sahabat duma! Kontrolah menu-menu yang akan kamu konsumsi selama bulan puasa ini.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!