Manfaat Daun Pisang yang Jarang Diketahui

Manfaat daun pisang via freepik ala tim duniamasak.com

Salah satu tanaman yang berasal dari kawasan Asia Tenggara ini rupanya memiliki banyak manfaat. Buah dari pohon pisang juga sering sekali di konsumsi oleh kita. Selain harganya yang murah, buah pisang juga memiliki banyak manfaat. Namun, tahukah sahabat Duma? Bahwa tidak hanya buahnya saja, daun pohon pisang juga memiliki banyak manfaat yang jarang diketahui. Untuk itu simak ulasan tentang manfaat daun pisang dibawah ini!

Manfaat Daun Pisang

Manfaat daun pisang via freepik ala tim duniamasak.com
Daun pisang via freepik

Tidaklah sulit menemukan pohon pisang di Indonesia. Pasalnya tanaman ini memang tumbuh subur di Indonesia. Daun pisang baik yang masih segar maupun sudah kering ternyata memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Salah satunya dapat dijadikan obat berbagai penyakit. Bagi sahabat Duma yang penasaran inilah manfaat daun pisang yang jarang diketahui!

Baca lainnya  Resep Sup Yang Nikmat Dinikmati Saat Hujan

Obat disentri

Daun pisang yang kering mengandung polifenol dan juga zat allatoin. Zat yang terkandung tersebut dapat meminimalisir pendarahan yang terjadi di usus. Daun pisang juga dapat meredakan sakit pada lambung karena Duan pisang juga mengandung astringen.

Sumber antioksidan

Seperti yang kita ketahui sebelumnya bahwa senyawa pilifenol terkandung di dalam daun pisang. Maka daun pisang juga dapat menjadi sumber antioksidan. Antioksidan merupakan senyawa yang dapat menangkal radikal bebas. Fungsi antioksidan selain itu dapat menjaga kesehatan tubu dari berbagai macam penyakit salah satunya kanker.

Mengkonsumsi daun pisang ini tidaklah uslit. Olah daun pisang seperti teh dan minumlah teh daun pisang sehari minimal 1 kali.

Baca lainnya  Rekomendasi Cafe Dengan Dessert Manis di Bali

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Daun pisang juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandung allantoin yang di dalam daun pisang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh serta dapat mempercepat proses penyembuhan.

Mengobati gigitan serangga

Daun yang biasanya digunakan sebagai lapisan untuk membungkus lontong dan juga tempe. Bila sahabat Duma mengalami gigitan serangga, ada baiknya menggunakan daun pisang karena daun pisang ini mengandung antioksidan alami.

Mengurangi iritasi kulit

Daun pisang hyga bermanfaat untuk mengatasi iritasi pada kulit. Daun pisang diolah atau ditumbuk dan airnya dicampur dengan minyak zaitun. Setelah itu dioles ke bagian kulit yang mengalami iritasi.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!