Manfaat Dibalik Minum Wine

Manfaat Dibalik Minum Wine
Share artikel ini:

Hai Sahabat Duma! Sebagaimana yang kita tau, minuman beralkohol, seperti salah satunya termasuk wine, bukanlah konsumsi yang umum untuk masyarakat di Indonesia. Namun bagi kamu yang ingin mendapatkan manfaat wine, penting untuk mengetahui takaran konsumsi yang tepat demi menghindari efek buruknya. Kali ini, DuniaMasak akan membahas seputar manfaat minum wine nih.

Manfaat dan Keunggulan Minum Wine

Minum Wine via edition.cnn.com

Minum Wine via edition.cnn.com

Menguatkan Memori

Sebuah penelitian membuktikan menurut Tedd Goldfinger, DO, dari University of Arizona School of Medicine, mengonsumsi wine dapat mencegah pembekuan darah dan mengurangi peradangan pembuluh darah nih sahabat duma! Kedua hal tersebut dikaitkan dengan penurunan kognitif dan penyakit jantung. Alkohol yang terdapat di dalam wine juga dapat meningkatkan HDL, tentu saja ini bukan kolesterol jahat. Kolesterol baik ini akan membantu menghilangkan penyumbatan pada arteri di tubuh kita.

Menjaga Berat Badan Tetap Stabil

Penelitian menyebutkan bahwa orang yang meminum wine  sehari-hari memiliki berat badan yang lebih rendah dibandingkan dengan orang yang meminum jenis alkohol lain. Bahkan peminum wine dalam jumlah secukupnya saja akan memiliki pinggang yang lebih kecil dan tidak memiliki terlalu banyak lemak di perutnya. Alkohol di dalam wine dapat membakar kalori di tubuh kita selama 90 menit setelah meminum wine.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Penelitian di Inggris menunjukkan bahwa seseorang yang meminum segelas wine sehari dapat mengurangi risiko infeksi bakteri Helicobacter pylori sekitar 11%. Bakteri ini dapat menyebabkan gastritis, ulkus di lambung, dan kanker perut. Bahkan setengah gelas wine saja akan melindungi seseorang dari keracunan makanan karena kuman seperti salmonella.

Baca lainnya  Seputar Alat Masak Kaca yang Wajib Kamu Ketahui

Menjaga dari Kanker

Selain penelitian-penelitian di atas yang menunjukkan manfaat, para peneliti di Australia, yang dikutip oleh situs kesehatan, menyebutkan bahwa adanya perbandingan antara perempuan dengan kanker ovarium dengan perempuan yang bebas kanker. Peneliti menemukan penurunan risiko dari penyakit ini sebesar 50% pada wanita yang rutin minum wine dalam jumlah secukupnya. Para ahli berasumsi mungkin hal ini disebabkan oleh kandungan antioksidan dan phytoestrogen (senyawa mirip estrogen yang ditemukan pada tumbuhan), kedua senyawa sifat antikanker yang tinggi.

Meningkatkan Kepadatan Tulang

Penelitian juga menyimpulkan bahwa konsumsi zat alkohol yang terdapat di dalam wine, secukupnya dapat meningkatkan kepadatan mineral pada tulang.

Meredakan Infeksi Pada Sistem Pencernaan

Secara positif, alkohol yang terdapat di dalam wine dapat menjadi antibakteri alami yang dapat meredakan iritasi. Selain itu, antibakteri di dalam wine juga dapat mengurangi risiko infeksi yang disebabkan Helicobacter pyloribacterium.

Baca lainnya  Ide Unik Menikmati Marshmallow

Meningkatkan tingkat kolesterol baik

Alkohol yang terdapat di dalam wine sangat berpengaruh terhadap peningkatan kolesterol baik atau HDL hingga 20 persen jika dikonsumsi secara moderat. Makin  tinggi tingkat HDL yang terkandung di dalam tubuh kita, maka makin rendah risiko penyakit jantung. Hanya saja manfaat tersebut baru bisa kita peroleh jika disertai dengan pola makan sehat dan aktivitas fisik secara teratur.

Setelah mengetahui beberapa manfaat dari wine, kamu sebaiknya tetap mengontrol konsumsi wine ya sahabat duma! Dan jangan lupa untuk menyimpan wine di wine cooler berkualitas. Segala hal yang positif, kenapa tidak untuk dicoba!

Semoga bermanfaat & jangan lupa di-share ya!

Share artikel ini:

One thought on “Manfaat Dibalik Minum Wine”

  1. Pingback: Wine Cooler GEA XW-85 Untuk Wine Segar dan Tahan Lama
  2. Trackback: Wine Cooler GEA XW-85 Untuk Wine Segar dan Tahan Lama

Yuk bahas artikel ini!