Manfaat Lidah Buaya Selain untuk Kecantikan, Seharusnya Kamu Tahu

Manfaat Lidah Buaya via lidah-buaya.com

Manfaat lidah buaya memang sudah sejak lama dikenal oleh masyarakat terutama untuk kecantikan: wajah, rambut, dan bibir. Sering kita temui adanya produk kecantikan yang menggunakan lidah buaya sebagai bahan dasar atau bahan campurannya. Tentu sudah tidak perlu kita ragukan lagi khasiat dari lidah buaya itu sendiri.

Namun selain manfaat untuk kecantikan, lidah buaya banyak berperan penting untuk kesehatan tubuh lho. Kandungan dalam lidah buaya antara lain; protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, dan C. Berikut tim DuniaMasak akan jelaskan lagi manfaat lidah buaya untuk kesehatan.

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

Manfaat Lidah Buaya via www.bukumedis.com

Manfaat Lidah Buaya via www.bukumedis.com

Penyembuhan Luka Luar

Aloe vera atau lidah buaya mengandung zat anti-inflamasi yang berguna untuk menyembuhkan luka luar. Kandungan anti bakteri di dalamnya efektif melawan infeksi yang disebakan oleh bakteri sehingga mempercepat pemulihan luka.

Mengatasi Iritasi

Kadang tanpa ada sebabnya kulit mengalami iritasi atau radang seperti eksim, psoriasis, atau rosacea. Untuk mengatasi iritasi dan radang tersebut tidak ada salahnya jika kamu mencoba mengobati dengan menggunakan lidah buaya.

Baca lainnya  Mengulas Hidangan Khas Natal di Seluruh Dunia

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Lidah buaya akan membantu penyerapan vitamin dan mineral yang berguna bagi tubuh secara maksimal sehingga kekebalan tubuh akan meningkat. Kamu bisa mengkonsumsi lidah buaya dalam bentuk minuman yaitu jus atau suplemen lidah buaya.

Membasmi Plak Gigi

Lidah buaya yang digunakan sebagai obat kumur untuk mengurangi dan membasmi plak di gigi memiliki efek yang hampir sama dengan chlorhexidine atau obat antiseptik golongan antimikroba.

Menjaga Kadar Asam Tubuh

Dengan meminum jus lidah buaya secara rutin, sifat alkalinya akan membantu menjaga kadar asam dalam tubuh atau menyeimbangkan keasaman tubuh.

Membantu Proses Detoksifikasi

Tubuh terkadang membutuhkan waktu untuk mengeluarkan semua racun dalam tubuh atau lebih dikenal dengan proses detoksifikasi. Dengan rajin mengkonsumsi lidah buaya, proses detoksifikasi dalam tubuh akan lebih cepat karena dibantu oleh manfaat lidah buaya itu sendiri.

Baca lainnya  Membuat Es Campur Lengkap dan Bergizi

Mengurangi Berat Badan

Seperti yang telah dibahas pada poin sebelumnya, bahwa lidah buaya akan sangat membantu proses detoksifikasi, maka secara langsung juga akan membuat proses metabolisme dalam tubuh meningkat sehingga tidak akan ada timbunan lemak dalam tubuh serta pencernaan akan terjaga kesehatannya.

Menjaga Kesehatan Kardiovaskular

Lidah buaya akan membantu meningkatkan kemampuan difusi sel darah merah serta transportasi oksigen sehingga masalah kesehatan kardiovaskular seperti jantung dapat diminimalisir.

Sumber Asam Amino

Minuman jus lidah buaya mengandung 7 asam amino dari 8 asam amino yang tidak dapat dihasilkan oleh tubuh secara mandiri. Karena itu, lidah buaya dapat memenuhi kebutuhan asam amino dalam tubuh kita.

Nah, banyak banget kan manfaat lidah buaya yang belum kita ketahui, kamu juga sebaiknya mulai stok lidah buaya di dalam kulkas untuk diolah demi kesehatan tubuh dan juga kecantikan ya!

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!