Manfaat Tomat Untuk Diet Yang Alami

Manfaat tomat untuk diet via freepik ala duniamasak

Tomat adalah tumbuhan yang memiliki buah yang berwarna hijau, kuning, dan merah yang biasanya dipakai sebagai buah dan sayuran dalam masakan atau juga bisa disantap langsung. Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan, selain untuk makanan bahwa tomat sekarang sudah dikenal luas dalam dunia kecantikan. Manfaat tomat untuk kecantikan antara lain adalah untuk mengecilkan pori-pori dan mencerahkan kulit karena tomat kaya dengan kandungan vitamin C. Tidak hanya untuk kecantikan kulit, namun tomat juga mempunyai manfaat untuk program diet yang alami.

Manfaat Tomat Untuk Diet

Manfaat tomat untuk diet alami via freepik ala duniamasak
Manfaat tomat untuk diet via freepik

Kandungan Tomat

Tentunya, diet yang sehat adalah diet yang dilakukan dengan cara alami dan terbaik. Salah satu cara terbaik untuk menjalani proses ini adalah dengan mengonsumsi buah dan sayur, misalnya tomat. Tomat merupakan buah yang cukup mengandung banyak manfaat dan khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh. Tomat mengandung banyak kandungan gizi yang dibutuhkan tubuh seperti fosfor, kalium, besi, vitamin A, vitamin K, vitamin C, kalsium, thiamine, natrium dan protein. Menurut sebuah penelitian, kandungan vitamin C pada tomat ternyata lebih tinggi dibandingkan pada buah jeruk. Dari banyaknya kandungan gizi dalam tomat ini, maka banyak ahli kesehatan meyakini bahwa tomat sangat baik untuk diet. Para ahli kesehatan mengatakan bahwa tomat adalah buah yang sangat baik digunakan untuk diet karena buah tomat mengandung likopen yang memberikan warna merah pada tomat. Jika dikonsumsi, maka akan dapat memberikan rasa kenyang serta dengan menyantap tomat akan membantu menurunkan hormon ghrelin dalam tubuh yang memicu nafsu makan. Maka dari itu, dengan mengonsumsi tomat secara rutin untuk diet dapat menurunkan berat badan secara stabil.

Baca lainnya  Menggunakan Sparkling Water Demi Kulit Layaknya Artis Korea

Manfaat Tomat Untuk Diet

Tentunya, hal inilah yang menjadi hasil utama yang paling diincar oleh para penggiat diet yaitu menurunkan berat badan. Jika masih mengalami kesulitan menurunkan berat badan, mungkin belum mencoba untuk mengonsumsi tomat. Sesuai informasi di paragraf atas, tomat mengandung likopen sehingga dapat memberikan rasa kenyang pada perut. Hal ini akan memicu untuk tidak mengonsumsi makanan lain terlalu banyak sehingga berat badan tidak naik lagi bahkan akan turun. Hal ini dikarenakan dengan mengonsumsi tomat maka akan menurunkan kadar ghrelin dalam tubuh dimana kandungan ini dapat memicu nafsu makan. Jika kadar ghrelin turun, maka nafsu makan pun akan turun sehingga akan menurunkan berat badan tubuh anda.

Baca lainnya  Tahukah Kamu Ternyata Psikologi Memasak Baik untuk Anak Usia Dini?

Cara Mengonsumsi Tomat Untuk Diet

Tomat dengan banyak kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh akan lebih memberikan banyak manfaat untuk diet jika dikonsumsi dalam keadaan dimasak atau dibuat jus. Tomat yang dimasak atau dibuat jus, mengandung jumlah likopen 5 kali lebih besar dibandingkan dengan tomat segar dalam kondisi tidak dimasak. Jika lebih menyukai yang praktis dan lebih enak, bisa dikonsumsi dengan cara dibuat jus. Agar mendapatkan jus tomat yang terbaik untuk hasil diet yang maksimal maka bisa mencoba salah satu resep ini:

Jus Tomat via freepik ala duniamasak
Jus Tomat via freepik

Bahan:

  • 4 buah Tomat (ukuran sedang dan matang)
  • 2 sdm Jeruk nipis (diperas)
  • Madu asli secukupnya
  • Air matang secukupnya

Cara Membuat:
1. Cuci tomat kemudian potong-potong sampai ukuran kecil.
2. Siapkan blender lalu masukkan potongan tomat serta tambahkan air perasan jeruk nipis dan madu asli secukupnya.
3. Tambahkan air matang secukupnya lalu nyalakan blender sampai semua bahan tercampur rata.
4. Jus tomat siap disajikan.

Jika ingin mengonsumsi dengan manfaat kesehatan lain yaitu untuk memperlancar perncernaan maka bisa meminum jus langsung tanpa disaring. Namun, jika ingin meminum sarinya hanya untuk diet maka saring terlebih dahulu hingga air sari jus tomat dan ampasnya terpisah. Selamat mencoba πŸ™‚

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!