Masakan Medan yang Tak Boleh Kamu Lewatkan!

Hai sahabat duma, kamu sudah tahu kenikmatan masakan Medan? Apa aja sih masakan Medan yang wajib untuk kamu coba? Nah nggak perlu bertanya lagi deh, di bawah ini tim DuniaMasak akan menjelaskan soal masakan Medan yang harus kamu coba.

Masakan Medan

Bihun bebek masakan medan via salingamanah.com

Bihun bebek via salingamanah.com

Bihun Bebek

Bihun memang makanan yang bisa dikreasikan menjadi bermacam-macam jenis makanan. Di Medan dikenal dengan bihun bebek. Bihun yang digunakan untuk makanan ini, terbuat dari tepung beras dan tepung kanji yang membuat tekstur dari bihun ini kenyal.

Asal muasal penamaan bihun bebek berasal dari suiran daging bebek yang menghiasi makanan ini. Kuah yang digunakan untuk makanan ini pun terbuat dari kaldu bebek, sehingga membuat nama bebek melekat sekali dengan masakan Medan ini.

Baca lainnya  Gimana Sih Cara Merawat Kulkas 2 Pintu?

Bika Ambon

Jika kamu pernah berkunjung ke Medan, kamu pasti tahu masakan Medan yang satu ini. Ya, namanya adalah Bika Ambon. Makanan ini terkenal sebagai makanan khas Medan, walau namanya seperti berasal dari daerah Ambon, tetapi ternyata tidak.

Nama Ambon yang diberikan kepada makanan ini, bukanlah karena tempat asal pembuatan nya berasal dari kota Ambon, tetapi nama Ambon diberikan dari sebuah nama jalan di Medan, yaitu Simpang Jl. Ambon-Sei Kera Medan, dari itulah asal makanan ini ada.

Sayur Gurih Taucho

Selanjutnya, ada masakan Medan yang bernama sayur gurih taucho. Masyarakat Medan sering menyebut makanan ini dengan sebutan sayur gurih. Sayur gurih ini adalah makanan yang berkuah, dengan menggunakan santan sedang. Tidak hanya menggunakan santan sebagai kuah nya, makanan ini juga ditambah dengan taucho yang berfungsi sebagai penguat aroma, sehingga dapat membuat makanan ini lebih menggugah selera.

Baca lainnya  Nanik Handayani "Menyampaikan Cinta dalam Bentuk Masakan"

Makanan ini biasanya dijadikan pendamping ketupat ketika hari raya lebaran datang. Ketika kamu mencicipi makanan ini, kamu akan menemukan hidangan yang diisi dengan udang, daging sapi dan bumbu yang terbuat dari cabai merah, bawang merah dan putih, cabai giling, serai, cabai hijau, lengkuas dan jahe.

Bubur Pedas

Di Medan ada kebiasaan yang unik, dan berkaitan dengan makanan ini. Yaitu ketika berbuka puasa, masyarakat Medan menyantap makanan ini yang bercita rasa pedas sebagai pembuka nya, tidak seperti biasanya yaitu menyantap hidangan yang manis terlebih dahulu. Bahkan, disaat bulan Ramadhan datang, banyak masjid yang membagikan makanan ini secara cuma-cuma untuk berbuka puasa.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!