Konsumsi Makanan dan Minuman Berikut ini untuk Melancarkan Pencernaan!

Jika kamu susah buang air besar (BAB) atau sembelit merupakan masalah banyak orang. Sembelit membuat perut kita terasa tidak nyaman. Sebelum memutuskan untuk mengatasinya dengan suplemen, cobalah untuk lebih dulu fokus pada makanan dan minuman alami tanpa bahan pengawet seperti sayur, buah dan lain-lain. Berikut ini makanan dan minuman yang bisa melancarkan pencernaan:

Makanan yang Melancarkan Pencernaan

Raspberry melancarkan pencernaan via splendidtable.org

Raspberry via splendidtable.org

Rasberi

Rasberi mempunyai banyak serat. Buah yang satu ini memang sangat disarankan menjadi obat ampuh untuk melancarkan pencernaan. Serat bisa meningkatkan curah feses untuk membantu makanan bergerak dengan lancar melalui sistem pencernaan, ditambah dengan bakteri baik dalam usus, pencernaanmu akan optimal. Kamu bisa menambahkan rasberi pada oatmeal atau yogurt untuk makan pagi. Kamu juga bisa membuatnya sebagai jus dengan hand blender khusus untuk memisahkan serat.

Jeruk

Jeruk memiliki tiga manfaat, kandungan vitamin C pada jeruk bisa melembutkan feses, seratnya bisa meningkatkan jumlah feses, dan naringenin suatu zat aktif yang ada di dalam flavonoids dan terkandung di dalam jeruk, dan juga bisa bekerja sebagai pencahar.

Air

Tetap terhidrasi sangat penting untuk membuat pencernaanmu lancar. Pasalnya, tanpa air yang cukup feses tidak dapat melembut dan bergerak dengan lancar melalui saluran pencernaan. Tidak heran bila dehidrasi adalah penyebab umum dari sembelit.

Baca lainnya  Cara Menata Meja Makan yang Baik, Sudah Tahu Belum?

Kefir

Kefir adalah minuman fermentasi yang bisa dibuat dari susu sapi atau susu kambing, air atau santan kelapa. Kefir mengandung bakteri baik yang penting untuk kesehatan usus. Minuman probiotik ini dapat meringankan sembelit, melunakkan feses dan bahkan meningkatkan frekuensi BAB.

Almond

Almond mengandung lemak jantung sehat, protein dan serat, tapi kadar magnesium tinggilah yang membuat ususmu sehat. Magnesium menetralkan asam lambung dan bergerak melalui usus.

Kacang Hitam

Kacang hitam sangat tinggi serat. Satu cangkir kacang hitam mengandung 15 gram serat (perempuan membutuhkan 25 gram serat per hari). Mengandung juga magnesium dan potasium untuk memuluskan sistem pencernaanmu.

Sayuran Hijau

Sayuran berwarna hijau seperti bayam, kailan, sawi, memiliki kekuatan untuk melancarkan BAB. Kandungan magnesiumnya untuk membantu kontraksi usus, dan potasium untuk membantu mengatur keseimbangan cairan dan kontraksi utut.

Bekatul

Dedak gandum atau bekatul dapat meringankan sembelit dan memperbaiki pencernaan. Lapisan luarnya mengandung tinggi serat, sekitar 25 gram per cangkir.

Baca lainnya  5 Cara Ciptakan Secangkir Kopi yang Nikmat!

Kopi dan Teh

Secangkir kopi atau teh di pagi hari bisa membuat perutmu bergerak. Keasaman kopi adalah kuncinya, asam chlorogenic terutama, suatu senyawa yang memberikan kopi rasa pahit. Cairan hangat dapat membuat ususmu bergerak. Tambahkan lemon agar ususmu bekerja dengan baik. Sehingga BABmu pun lancar setiap hari.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan