Memasak Sup Tulang Sapi dengan Sauce Pan Bolde: Matang Lebih Cepat!

Sup Tulang Sapi via dentistvschef.wordpress.com

Memasak salah satu menu makanan yang sulit-sulit gampang atau yang bisa disebut menggunakan teknik terdengar menantang ya sahabat duma! Salah satu menu yang terbilang harus menggunakan teknik yaitu sup tulang sapi. Jika kamu memasaknya dengan cara yang salah bisa-bisa tulang yang sudah kamu siapkan justru terbuang. Nih tim duma punya resep sup tulang sapi yang lembut dan gurih.

Resep Membuat Sup Tulang Sapi Empuk dan Lezat

Sup tulang sapi via resepcaramasakan.com

Sup tulang sapi via resepcaramasakan.com

Bahan-Bahan:

  • Tulang sapi bagian kaki
  • Sedikit Cuka
  • Air secukupnya
  • Garam
  • Gula pasir secukupnya (sesuai selera)
  • Peyedap rasa serba guna
  • Sayur tambahan (sesuai selera): bawang bombay, bawang putih, wortel, kentang, seledri. Cara untuk menghilagkan bau amis tambahkan: kapulaga, cengkeh, pala, adas bintang, dan jahe.

Cara Memasak Sup Tulang Sapi

  1. Pertama-tama potonglah tulang sapi dengan potongan agak kecil, sekitar 5 – 7 cm. Potongan kecil membantu mempersingkat proses memasak dan melepaskan nutrisi dari sumsum ke dalam kaldu.
  2. Panggang tulang dalam oven suhu 200°C selama 45 – 90 menit sampai tulang berwarna kecoklatan, jika tidak ada oven kamu bisa membakarnya dengan arang. Proses pemanggangan ini akan membantu meningkatkan rasa kuah kaldu sup.
  3. Masukkan tulang sumsum yang telah dipanggang dalam panci. Lalu, isi panci dengan air hingga tulang terendam sempurna. Tapi, usahakan agar panci tidak terlalu penuh terisi air, yaitu sekitar ¾ penuh saja. Oiya tim duma punya rekomendasi panci yang cocok untuk kamu pakai membuat sup nih.
  4. Tambahkan sedikit cuka ke dalam air rebusan untuk membantu mengeluarkan nutrisi dari tulang ke dalam kaldu.
  5. Rebus tulang dengan api agak besar sampai hampir mendidih, sebelum air berbuih. Lalu, kecilkan api dan terus rebus tulang sampai sekitar 8 jam. Tambahkan air panas ke dalam kaldu untuk menjaga agar tulang tetap terendam sempurna dalam air. Cara ini dapat kamu lakukan jika kamu memang menginginkan sumsum meleleh ke dalam kaldu.
  6. Jika kamu ingin menikmati sumsum tulang dengan cara yang lebih sedap, yaitu menyedot sumsum langsung dari tulangnya, sebaiknya tulang sumsum direbus sekitar 1 jam saja. Setelah direbus, tulang sumsum lalu dikukus selama 30 menit. Hasilnya, sumsum yang sudah matang dan nikmat, tapi masih menempel dalam tulang.
  7. Tambahkan bumbu garam, penyedap rasa dan gula pasir secukupnya. Jika kamu ingin menambahkan pedas silahkan tambahkan cabe rawit atau cabai merah yang sudah diulek. Kamu bisa menambahkan sayuran dan bumbu masak seperti bawang bombay, bawang putih, wortel, kentang, seledri, dll. Kamu bebas mengkreasikan sup sesuai selera, misalnya ditambahkan kentang. Tambahkan pula rempah seperti kapulaga, cengkeh, pala, dan jahe untuk menghilangkan bau amis dari tulang sapi.
  8. Setelah tulang matang dan kamu sudah mendapatkan kaldu sesuai selera, matikan api. Buang lapisan lemak yang mengambang di bagian atas kaldu, selagi hangat sup tulang ini siap dinikmati.
Panci Saucepan Bolde membuat sup tulang sapi via duniamasak.com

Panci Saucepan Bolde via duniamasak.com

Baca lainnya  Resep Kue Jahe Gingerbread Untuk Meriahkan Natalmu
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!