5 Tips Cara Memilih Durian yang Manis, Legit, Serta Enak!

cara memilih durian ala Duniamasak via hallosehat.com

Apakah kamu akhir-akhir ini seringkali melihat durian dijajakan di pinggir jalan? Ya, saat ini sedang musim durian lho! Nah, bagi kamu yang ingin membeli durian, berikut ini tim DuniaMasak beri informasi seputar tips memilih durian yang enak. Simak penjelasannya di bawah!

Memilih Durian yang Enak

cara memilih durian via mashable.com

durian via mashable.com

1. Warna Durian Tidaklah Penting

Pertama abaikanlah warna buah durian. Warna durian tidak berpengaruh terhadap kelezatan isinya. Ada 3 warna durian yang biasa kita temui, yakni hijau, kuning, dan coklat. Nah, mungkin kamuย berpikir bahwa durian berkulit hijau memiliki isi yang belum matang, sedangkan yang warna coklat sudah sangat matang. Namun percayalah bahwa warna kulit durian tidak mempengaruhi kualitas daging buahnya. Ada durian berkulit hijau yang memiliki daging buah yang sudah matang dan manis.

2. Pilihlah Durian Bulat

Tips cara memilih durian yang selanjutnya adalah pilihlah durian yang berbentuk bulat. Durian berbentuk bulat akan berisi lebih banyak dan memiliki warna kuning. Menurut para pedagang durian, buah yang bentuknya lonjong memiliki daging yang lebih sedikit dibanding buah yang berbentuk bulat.

Baca lainnya  Percaya atau Tidak, Berikut Buah yang Berbahaya untuk Dikonsumsi!

3. Perhatikan Tangkai Durian yang Dipilih

Sebagian orang memilih buah durian berdasarkan warna, ukuran, dan aromanya saja. Padahal, ada tips jitu untuk mendapatkan buah durian dengan daging yang tebal dan banyak. Durian dengan tangkai yang tebal dan pendek menunjukkan bahwa isi buah tersebut banyak dan tebal. Durian bertangkai ramping dan panjang merupakan petunjuk bahwa buah durian tersebut memiliki daging yang sedikit dan tidak terlalu tebal. Jadi, mulai sekarang cobalah memperhatikan tangkai durian yang akan kamu beli jika ingin menyantap daging buah durian yang lebih tebal.

4. Cium Aroma Durian

Mungkin poin yang satu ini telah diketahui oleh kebanyakkan orang. Aroma durian memang menentukan kualitas daging durian. Durian dengan aroma yang harum umumnya memiliki daging yang kuning dan manis. Tidak perlu membelah durian jika ingin mencium aroma tersebut. Cukup angkat buah durian, lalu dekatkan ke hidungmu. Durian dengan kualitas terbaik akan menebarkan aroma harum yang sangat khas meskipun belum dibelah.

Baca lainnya  Jus Buah yang Paling Berpengaruh & Paling Memberi Manfaat untuk Kesehatan

5. Cermati Bentuk Durinya

Sebaiknya pilih durian yang memiliki duri pendek dan jarang. Pasalnya, durian dengan duri yang pendek dan jarang memiliki buah yang banyak dengan rasa yang lebih manis. Sebaliknya, jika kamu mendapatkan durian dengan duri panjang dan rapat, maka siap-siap saja kamu akan mendapatkan buah dengan daging yang sedikit.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!