Jangan Salah Memilih Pisau Dapur Sesuai Kebutuhanmu

Pisau Dapur Sesuai Kebutuhanmu bersama DuniaMasak via amazon.com

Sahabat duma, kadangkala kita seringkali mengabaikan untuk menggunakan pisau yang sesuai dengan kebutuhan kita. Memilih pisau dapur nyatanya ada tata caranya lho! Kamu tidak boleh sembarangan memilih pisau dan digunakan untuk semua jenis bahan masakan. Nih tim duma bagikan tipsnya untuk memilih pisau dapur yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Memilih Pisau Demi Proses Memasak yang Lebih Baik

Memilih pisau via DuniaMasak

Memilih pisau via DuniaMasak

Pisau Koki (Chef’s Knife)

Pisau jenis ini digunakan untuk hampir semua jenis pekerjaan di dapur, seperti memotong atau mengiris sayuran juga bisa untuk memotong daging dan lainnya. Ukuran standardnya sekitar 8 inchi dengan lebar kurang lebih 1,5 inchi. Nah untuk pisau jenis ini merupakan pisau yang wajib kamu miliki.

Pisau Pengupas (Paring Knife)

Trik memilih pisau yang selanjutnya kamu harus bisa membedakan antara pisau koki dan pisau pengupas. Nah, hampir mirip dengan pisau koki, namun bentuknya kecil berukuran sekitar 4 inchi dan berbentuk mirip segitiga. Pisau jenis ini berguna untuk mengupas tipis kulit buah, sayuran, membelah jeruk atau membersihkan udang.

Baca lainnya  Makanan Berikut Mampu Memutihkan Wajah Secara Permanen

Pisau Fillet (Filleting Knife)

Pisau ini berguna untuk memotong tipis daging unggas atau ikan yang tidak bertulang. Pisau yang sangat tajam, tipis dan fleksibel ini berukuran sekitar 4 sampai 6 inchi. Jika kamu ingin memilih pisau ini sebagai kebutuhanmu sehari-hari, hindari dari jangkauan anak-anak karena bentuknya yang kecil dan sangat membahayakan.

Pisau Besar atau Golok (Cleaver)

Nah, untuk memilih pisau jenis cleaver biasanya digunakan untuk memotong daging. Pisau besar ini memiliki ukuran sekitar 6 sampai 8 inchi dengan lebar sekitar 3 inchi. Sebenarnya masih banyak lagi jenis pisau dapur yang tersedia di pasaran, namun untuk ibu rumah tangga, tentunya tidak semua membutuhkannya. Ketahui terlebih dahulu kebutuhan memasakmu sehari-hari.

Baca lainnya  Merawat Oven Microwave Agar Awet dalam Pemakaiannya

Pastikan Kualitas

Sebelum membeli pisau, teliti dulu kondisi pisau seperti kelurusannya. Pisau yang baik harus memiliki hasil potongan yang lurus sesuai dengan arah tekanan ketika memotong. Cara mengujinya adalah dengan memegang pisau dengan posisi ujung pisau berada lurus di didepan. Bidik tepat dari belakang gagang pisau, apabila ujung pisau tidak terlihat maka bisa dipastikan pisau benar-benar lurus. Tetapi apabila sebaliknya, ujung pisau terlihat bahkan badan pisau kelihatan, bisa dipastikan pisau tersebut tidak lurus dan hasil potongannya akan miring.

Untuk penggunaan sehari-hari, cukup dicuci bersih menggunakan sabun dan air bersih setelah penggunaan, namun jika ingin disimpan lama, setelah dicuci sebaiknya oleskan minyak goreng tipis saja. Bungkus rapat bilah pisau dengan kain kemudian simpan ditempat yang aman ya.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!