Memilih Wajan Penggorengan yang Tepat, Seperti Apa Ya?

Jual Panci Bolde di DuniaMasak via www.boldestore.com

Kamu pernah nggak sih bingung untuk membeli wajan penggorengan? Ya, wajar saja jika kamu bingung, karena semua peralatan masak sangat berpengaruh terhadap kesehatan kita lho! Jadi jangan sampai kamu salah memilih alat masak ya! Terutama  memilih wajan penggorengan. Karena alat masak yang satu ini selalu dipakai setiap harinya.

Berbagai Tips Memilih Wajan Penggorengan yang Kamu Wajib Tahu

Ukuran

Pilihlah ukuran panci yang sesuai dengan kebutuhanmu. Apabila kamu tinggal sendiri, pilihlah panci dengan ukuran relatif kecil (diameter sekitar 16 cm). Sebaliknya, apabila kamu tinggal bersama keluarga, pilihlah panci dengan ukuran sedang atau besar (diameter di atas 22 cm). Kamu juga sebaiknya memastikan agar diameter panci tidak lebih kecil daripada diameter tungku kompor gasmu. Hal ini untuk menghindari terbakarnya panci sewaktu menggoreng.

Wajan Penggorengan Bolde via duniamasak

Wajan Penggorengan Bolde via duniamasak


Bahan

Selanjutnya, perhatikan bahan wajan penggorengan. Menggoreng dengan sempurna, menjaga suhu minyak saat menggoreng sangatlah penting. Oleh sebab itu, kamu perlu memilih panci dengan bahan yang bisa menjaga suhu minyak dengan baik. Selain kemampuan menjaga suhu, bahan yang mudah dibersihkan juga menjadi pertimbangan agar panci tidak cepat rusak. Bahan-bahan yang mudah dibersihkan seperti: stainless stell, granit, ataupun alumunium dengan lapisan teflon anti lengket. Nah penjelasan lebih lengkapnya perihal bahan apa saja yang harus kamu ketahui seperti di bawah ini:

Baca lainnya  Hawai View dan Healthy Menu? Kamu Wajib ke Hula Hula Nih!

Tembaga

Tembaga adalah bahan yang paling cepat menghantarkan panas dan mempunyai kemampuan untuk menjaga suhu dengan baik. Banyak chef profesional yang menggunakan panci berbahan tembaga, dan kini semakin banyak digunakan di dapur rumah tangga.

Akan tetapi, kecepatan menghantarkan panas dari tembaga dapat menyebabkan minyak cepat berkurang. Oleh karena itu, jika kamu berencana menggunakan minyak goreng untuk beberapa kali, tembaga bukanlah pilihan yang tepat untuk kamu. Selain itu, tembaga juga cepat berubah warna. Jika kamu menggunakan panci berbahan tembaga, sebaiknya langsung dibersihkan dengan sabun cuci piring dan sponge yang lembut setelah penggunaan.

Besi

Setelah tembaga, besi merupakan bahan yang paling cepat menghantarkan panas dan mempunyai kemampuan retensi suhu yang baik lho! Panci berbahan besi banyak digunakan oleh chef profesional untuk menggoreng.

Baca lainnya  Lontong Cap Go Meh Menu Menutup Tahun Baru Imlek

Membersihkan panci berbahan besi juga relatif mudah. Kamu bisa membersihkan panci besi tanpa harus menggunakan sabun cuci piring. Akan tetapi, sama seperti tembaga, kecepatan menghantarkan panas besi membuat minyak cepat berkurang.

Stainless Steel

Stainless steel merupakan baja tahan karat yang banyak digunakan untuk memproduksi peralatan dapur. Meskipun stainless steel tidak bisa menjaga suhu dengan baik dibanding kedua bahan sebelumnya, stainless steel mempunyai kemampuan retensi minyak yang cukup baik.

Selain itu, bahan stainless steel juga tahan karat dan tahan gores, sehingga tidak cepat berubah bentuk apabila dibandingkan dengan bahan-bahan lainnya. Membersihkan panci stainless steel juga relatif mudah, yaitu dengan menggunakan sponge dan sabun cuci piring.


Bentuk Panci

Selain bahan, bentuk panci juga menentukan kemampuan retensi suhu. Pilihlah bentuk panci yang sesuai dengan kebutuhanmu ya sahabat duma! Baik itu untuk kebutuhan rumah tangga ataupun usaha restoran!

 

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!