Ketahui Berbagai Jenis Getuk di Indonesia

Berbagai macam jenis getuk di Indonesia via freepik ala duniamasak

Jika membahas soal jajanan pasar, tentu banyak makanan yang populer sehingga menjadi ciri khas di Indonesia. Mulai dari kue kering hingga kue basah. Beberapa kue basah banyak yang menjadi favorit masyarakat, salah satunya adalah getuk. Getuk merupakan makanan yang terbuat dari singkong atau ketela pohon lalu ditaburi dengan parutan kelapa. Ternyata, getuk ini pun mempunyai banyak ragam yang bisa ditemukan di pasaran. Mari ketahui berbagai jenis getuk di Indonesia berikut ini:

4 Jenis Getuk yang Populer di Indonesia

Jenis getuk jawa di indonesia via resepkuerenyah.com ala duniamasak
Jenis getuk via resepkuerenyah.com

Getuk Lindri

Bisa dibilang, getuk yang satu ini memang sudah terkenal di segala pelosok daerah di Indonesia termasuk di Jakarta. Ya, nama getuk lindri berasal dari alat pembuat kue tersebut yaitu Lindri, mesin penggiling adonan mi. Mesin ini membuat bentuk getuk menyerupai mi lalu dipadatkan dan digulung. Jenis getuk ini tersedia dalam berbagai macam warna yang menarik seperti merah muda, putih, hijau, dan cokelat.

Baca lainnya  Cari Tahu Makanan Khas Hari Raya Nyepi di Indonesia

Getuk Kurung

Sesuai dengan namanya, jenis getuk ini berasal dari daerah Kurung, Klaten, Jawa Tengah. Getuk Kurung memiliki keunikan yaitu terdapat isian didalamnya berupa selai nanas yang akan meleleh saat digigit. Sajian warnanya pun bervariasi juga seperti hijau, kuning, cokelat, dan masih banyak lagi. Getuk ini sering dijadikan sebagai oleh-oleh bagi para wisatawan.

Getuk Pisang

Selain dari bahan singkong, ada juga getuk yang mempunyai campuran buah pisang, Seperti kue berbahan pisang pada umumnya, getuk pisang pun juga disajikan dengan bungkus daun pisang agar aroma pisang kukusnya lebih terasa. Awal mula jenis getuk ini berasal dari daerah Kediri dan konon katanya merupakan salah satu hidangan kesukaan para puteri kerajaan pada zaman dahulu kala.

Baca lainnya  Minuman Berenergi vs Minuman Isotonik

Getuk Singkong Gula Merah

Tak hanya getuk singkong biasa, namun terdapat macam getuk lainnya yang menggunakan tambahan saus. Ya, getuk singkong memiliki tekstur yang agak kasar dan berbulir. Jika ditaburi kelapa dan disiram dengan gula merah kental, maka rasanya akan semakin nikmat dan legit.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!