Liburan ke Danau Toba Sambil Mencicipi Kuliner Khas Batak

Kuliner khas Batak Arsik via primadaily ala tim duniamasak.com

Saat kita merencanakan liburan ke suatu tempat tentunya belum terasa lengkap bila kita tidak mencari tahu mengenai kuliner yang terkenal di daerah tersebut. Hal itu juga berlaku bila kita berkunjung ke daerah Sumatera Utara yang memiliki objek wisata yang terkenal yaitu Danau Toba. Seperti yang kita ketahui bahwa Danau Toba merupakan salah satu objek wisata terbaik yang dimiliki Indonesia. Liburan ke Danau Toba ada baiknya kita cicipi kuliner khas Batak yang Duma rekomendasikan untuk Sahabat Duma.

Kuliner Khas Batak Lezat dan Menggugah Selera

Dali ni horbo susu kerbau via obatak.id ala tim duniamasak.com kuliner khas Batak
Dali ni horbo susu kerbau via obatak.id

Kuliner khas Batak memang bervariasi dan memiliki ciri khas tersendiri. Beberapa makanan khas Batak tentunya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Sumatera Utara, namun bagi beberapa orang yang baru pertama kali berkunjung ke Danau Toba tidak ada salahnya mencicipi kuliner khas Batak berikut ini:

Arsik

Hidangan khas Batak yang satu ini biasanya berbahan utama ikan mas, mujair, atau nila. Aroma yang khas diciptakan dari proses memasaknya yang menggunakan andaliman sejenis rempah yang sering digunakan pada masakan khas Batak. Andaliman sendiri memberikan rasa pedas yang hangat saat di lidah. Biasanya hidangan ini disajikan saat upacara adat tertentu, namun kita juga dapat menikmati sajian ini kapan saja.

Baca lainnya  Efek Samping dari Meminum Kopi, Nih Simak Artikelnya!

Naniura

Hidangan ini tidak dimasak, direbus maupun digoreng mirip dengan sashimi namun versi orang Batak. Sama seperti arsik, naniura menggunakan ikan nila, mas maupun mujair sebagai bahan dasarnya. Ikan disajikan dengan bumbu yang lengkap sehingga ikan terasa nikmat walaupun tidak dimasak. Rasa naniura sedikit asam karena asam membantu proses pematangannya. Dahulu, naniura disajikan untuk para raja Batak. Kini kita dapat menikmati naniura yang ditemui di restoran tertentu.

Manuk napinadar

Kuliner khas Batak yang satu ini adalah napinadar. Salah satu makanan khas yang berbahan dasar ayam segar kemudian dibakar dan dibumbui dengan campuran darah segar dari ayam itu sendiri. Tak lupa juga penambahan andaliman untuk melengkapi makanan ini. Napinadar akan lebih mantap bila tingkat kepedasannya ditingkatkan.

Baca lainnya  7 Makanan yang Wajib Disajikan pada Saat Perayaan Natal

Dali ni horbo susu kerbau

Dali ni horbo merupakan makanan khas Batak yang berbahan dasar susu kerbau. Umumnya susu untuk diminum, lain halnya dengan sensasi “makan” susu kerbau yang satu ini. Pasalnya susu kerbau diolah dengan cara dimasak kemudian ditambah dengan garam dan perasan air daun pepaya. Tampilan dali ni horbo kental dan sekilas mirip tahu putih. Makanan ini akan tambah nikmat bila diolah seperti arsik.

Saksang

Saksang merupakan salah satu makanan khas yang berbahan dasardaging babi ataupun kerbau. Daging ini dicincang kemudian dicampur dengan bumbu rempah-rempah serta darah dari daging hewan itu sendiri.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!