Kelezatan Kuliner Khas Batam, Semua Suka!

Batam merupakan salah satu yang terkenal dengan pembangunan kotanya yang cepat. Bahkan kota Batam pun terkenal hingga ke luar negeri. Pasalnya kota Batam memiliki letak yang strategis dan dekat dengan negara Singapura. Bagi masyarakat yang ingin menyebrang ke Singapura dari Batam cukup menggunakan transportasi kapal ferry. Tidak heran bila Batam menjual berbagai macam barang-barang yang dapat dijadikan buah tangan. Mulai dari aksesoris hingga kuliner khas Batam merupakan daya tarik wisatawan.

Segudang Sajian Kuliner Khas Batam, Jangan Dilewatkan!

Kuliner khas batam gong-gong gonggong via idntimes ala tim duniamasak.com
Gong-gong via idntimes

Kuliner khas Batam terkenal akan perpaduan berbagai budaya mulai dari perpaduan Indonesia, Melayu, dan Tiongkok. Tak heran bila kuliner khas Batam sangat menarik dan memanjakan lidah. Bila sahabat Duma sedang berada di Batam, tak ada salahnya untuk mencoba berbagai kuliner khasnya:

Gong-gong

Gong-gong merupakan salah satu biota laut yang hidup di daerah kepulauan Riau. Tampilan gong-gong mirip dengan keong namun gong-gong adalah siput laut yang berukuran sekitar 7 cm. Gong-gong yang biasanya disajikan terdapat 4 jenis diantaranya, gong-gong putih cangkang tipis, gong-gong ayam, gong-gong putih cangkang tebal, dan gong-gong merah cangkang tebal. Gogong diolah dengan cara direbus. Dagingnya pun bertekstur kenyal. Ketika menyantap disankan untuk membuang bagian kakinya karena tajam.

Baca lainnya  5 Kegunaan Soda Api untuk Rumah Tangga

Sop ikan Batam

Sop ikan batam merupakan salah satu makanan populer banyak orang. Jika sedang berada di Batam sebaiknya sahabat Duma mencicipi sop ikan Batam karena rasanya yang mantap dan juga lezat. Ikan yang digunakan dalam makanan ini adalah ikan tenggiri. Soal rasa, sop ikan Batam ini mirip dengan garang asem dengan bumbu khas Batam.

Mie tarempa

Makanan yang satu ini berasal dari daerah Tarempa dan memiliki banyak sekali penggemar. Layaknya mie pada umumnya mie tarempa terbuat dari telur dan tepung terigu. Perbedaan mie tarempa dengan mie lainnya adalah terletak pada campurannya. Umumnya mie diolah dengan campuran ayam, namun mie tarempa tidak mencampur ayam kedalamnya melainkan siput atau daging sapi.

Nasi dagong

Nasi dagong memiliki kepanjangan yaitu nasi daging gong-gong. Nasi ini merupakan percampuran nasi dengan daging gongong kemudian dibungkus menggunakan daun pisang. Sebelumnya nasi diberikan bumbu dan juga rempah-rempah sehingga rasa yang dihasilkan sangatlah lezat.

Baca lainnya  Khasiat Labu Kuning untuk Kecantikan dan Kesehatan

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan