Cermati Perbedaan Oven dan Microwave Berikut ini!

Sahabat duma, seringkali muncul pertanyaan saat akan membeli oven dan microwave tentang perbedaan kedua alat masak tersebut. Nah untuk itu, tim duniamasak akan menjelaskan apa sih perbedaan oven dan microwave yang perlu diketahui? Ikuti ulasan tim duma berikut ini.

Perbedaan Oven dan Microwave

perbedaan oven dan microwave via pixabay.com
Memanggang ayam via pixabay.com

Oven

Oven adalah peralatan dengan sebuah ruang tertutup. Maka dari itu panas terjebak di dalamnya digunakan untuk pemanggangan, pemanasan ataupun pengeringan yang biasanya dipakai untuk memasak.

Di pasaran tersedia berbagai macam jenis oven. Diantaranya ada yang terbuat dari batu bata, batu, tanah liat dan logam dengan bahan bakar seperti kayu, batu bara, gas alam ataupun yang paling modern menggunakan tenaga listrik.

Microwave Oven

Microwave Oven adalah jenis oven yang menggunakan radiasi gelombang micro untuk memanaskan makanan, biasanya memiliki frekuensi 2.450 MHz dan panjang gelombang sekitar 12,24 cm. Molekul air, gula dan lemak dalam makanan bisa menyerap gelombang micro tersebut.

Baca lainnya  Konsumsi Makanan dan Minuman Berikut ini untuk Melancarkan Pencernaan!

Saat microwave terserap oleh makanan, molekul-molekul cair dalam makanan akan saling bertumbukan dan menghasilkan panas. Proses ini sering disebut dengan pemanasan dielektrik. Lalu apa sih perbedaannya dengan oven?

Perbedaan Microwave dan Oven Listrik

Proses Pemanasan

Microwave oven memiliki gelombang mikro yang dipancarkan melalui makanan yang akan membuat molekul air bergerak cepat dan saling bertumbukkan, proses inilah yang memunculkan panas (makin cepat gerakan molekul air makin panas pula suhu yang dihasilkan). Pematangan dimulai dari dalam makanan menuju luar, hasilnya kematangan dalam microwave lebih merata dibandingkan oven biasa.

Beda halnya dengan oven listrik, elemen pemanas mengubah energi listrik menjadi panas yang kemudian disebarkan untuk memanaskan seluruh ruang dalam oven termasuk juga udara di dalamnya, proses kerjanya hampir sama dengan setrika.

Pematangan makanan dimulai dari luar berkat udara panas. Hasilnya, sisi luar makanan lebih matang jika dibandingkan bagian tengah. Terlihat dari kulit makanan yang kecoklatan dan sangat renyah tapi pada bagian dalam masih empuk.

Baca lainnya  Kenali Macam-macam Spuit dan Kegunaannya!

Nah, sekarang sudah tahu kan perbedaannya? Tergantung kebutuhanmu untuk apa nih sahabat duma. Jangan salah memilih ya!

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan