Nutrisi Kulit yang Harus Kamu Terapkan Selama Berpuasa

Nutrisi Kulit Selama Ramadhan via www.healthydirections.com

Nutrisi kulit yang sangat penting selama bulan puasa seringkali kita abaikan. Bagi kamu terutama wanita yang sangat khawatir kulitmu kering dan kekurangan nutrisi dari dalam tak perlu perawatan dari luar secara ekstra. Cukup lakukan hal ini secara rutin saat sahur dan berbuka puasa. Yuk simak penjelasan tim duma berikut ini!

Perhatikan Nutrisi Kulit ini, Rutin Perawatan Yuk!

Kurangi Minuman Susu, Soda, dan Kafein ya via pixabay.com

Kurangi Minuman Susu, Soda, dan Kafein ya via pixabay.com

Sadar nggak sih betapa pentingnya kita untuk tetap menjaga kesehatan kulit. Baik itu perawatan dari dalam tubuh maupun dari luar. Meskipun tubuh mengalami sedikit perubahan dikarenakan bulan puasa, nutrisi kulit tidak akan terganggu jika kamu melakukan beberapa hal berikut ini:

Vitamin A

Vitamin A merupakan salah satu vitamin penting bagi nutrisi kulit. Vitamin ini mampu mencegah kulit kita dari kekeringan dan dehidrasi serta menjaga tekstur kulit agar tetap halus. Wortel adalah sumber terkaya dari vitamin A, namun kamu juga bisa mendapatkan pada bayam dan sayuran berdaun hijau. Jadi, selama bulan Ramadan sangat baik untuk menjadikan jus wortel segar salah satu menu jus yang wajib dikonsumsi setidaknya sekali dalam seminggu saat berbuka puasa.

Baca lainnya  7 Makanan Ringan yang Harus Dibawa Ketika Kamu Mendaki Gunung

Vitamin B

Tahukah kamu, kekurangan vitamin B dapat menyebabkan dehidrasi kulit, keriput dan beberapa tanda penuaan dini lainnya. Sumber penting dari vitamin B adalah daging, kacang-kacangan dan biji-bijian. Mengonsumsi kacang mete dan almond akan membantu meremajakan kulit kita karena serat dan asam lemaknya yang tinggi. Sebaiknya konsumsi beberapa jenis bahan makanan di atas saat sahur dan berbuka puasa.


Selain menjaga asupan nutrisi saat puasa, kamu juga perlu melakukan beberapa kebiasaan yang penting untuk menunjang perawatan kulit di bulan puasa ini, di antaranya adalah:

Minum Banyak Air Setelah Berbuka

Ketika kamu berbuka puasa, usahakan menu berbukamu dari bahan utama air seperti contohnya sup. Minum banyak air sangat penting untuk mencegah tubuh dan kulitmu dari dehidrasi, terutama selama bulan Ramadan. Air juga membantu menjaga elastisitas kulit dan melindungi kulit dari kemunculan keriput. Minum sebanyak 8 gelas di saat berbuka dan sahur.

Baca lainnya  Mengulas Hidangan Khas Natal di Seluruh Dunia

Kurangi Minuman Susu, Soda, dan Kafein

Terlalu banyak minum produk yang mengandung susu telah diketahui erat kaitannya dengan kemunculan jerawat. Selain itu, minuman berkafein dan bersoda juga diketahui dapat menyerap mineral yang ada dalam tubuh sehingga memiliki efek negatif bagi kulit kita. Fakta juga membuktikan bahwa soda hanya mampu diserap oleh tubuh sebesar 20-30%, sedangkan jus buah mampu diserap hingga 50-60%.

Jangan Lupa Untuk Memanjakan Mata

Bulan Ramadan merupakan bulan untuk beribadah dan kamu dipastikan melakukan banyak aktifitas. Munculnya lingkaran hitam di bawah mata mudah terjadi. Maka dari itu, kamu bisa memberikan sedikit perhatian dengan menempatkan kantong teh di atas kedua mata atau menggunakan krim mata setiap hari sebelum tidur. Oiya, pastikan untuk mengatur pola tidurmu dengan baik.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!