Apa Sih Bedanya Tongseng dan Tengkleng?

Apa Sih Bedanya Tongseng dan Tengkleng via unileverfoodsolutions.co.id ala tim duniamasak.com

Daging kambing dan sapi adalah kombinasi yang lezat, dan semua orang pasti tahu. Apalagi bahwa kelezatan keduanya ketika diolah sangatlah nikmat. Jika diproses dan dibumbui dengan benar, daging kambing akan lebih menggugah selera. Nah terdapat olahan daging yang sering kita temui, yaitu tongseng dan tengkleng. Apa sih bedanya tongseng dan tengkleng?

Jangan Salah Pesan! Ini Bedanya Tongseng dan Tengkleng

Daging kambing bisa diolah menjadi berbagai masakan yang menggugah selera. Baik tongseng maupun tengkleng, makanan ini merupakan makanan khas Jawa Tengah. Hidangan populer yang dinikmati oleh orang-orang dari segala usia dan harus dicoba bagi siapa pun yang mengunjungi wilayah ini. Jika melihat tongseng dan tengkleng secara berdampingan, sulit untuk membedakan bahwa tongseng dan tengkleng terlihat hampir identik. Semuanya terbuat dari daging dan kuah, membuat banyak orang tidak bisa membedakan antara tongseng dan tengkleng. Berikut ini bedanya tongseng dan tengkleng:

Tongseng

Apa Sih Bedanya Tongseng dan Tengkleng via unileverfoodsolutions.co.id ala tim duniamasak.com
Tongseng via unileverfoodsolutions.co.id

Tongseng adalah hidangan daging yang umumnya dibuat dengan daging kambing dan ditumis dengan sayuran lunak seperti kol, tomat, dan wortel. Menambahkan kecap ke tongseng Anda membuatnya terasa lebih enak. Tongseng merupakan masakan asli dari Jawa Tengah tepatnya di Klego Boyolali Jawa Tengah masakan ini tercipta dari perpaduan masakan India dan Arab karena banyak saudagar yang datang ke Indonesia pada abad 18 sampai 19. Dari kambing yang mereka sediakan, orang sekitar tahu tentang beberapa masakan kambing yang paling enak. Sehingga masakan Indonesia mulai terbentuk dengan hidangan seperti tongseng. Saat ini, hidangan klasik ini terkenal dan dicintai di seluruh dunia. Tongseng secara tradisional menggunakan tulang sebagai bahan utama dengan daging masih di atasnya. Namun, seringkali daging tanpa tulang ditambahkan. Hal ini membuat hidangan lebih menarik bagi banyak konsumen. Kuah tongseng lebih kental dan creamy dibandingkan kuah tengkleng. Ini menjadikannya pilihan yang sempurna bagi mereka yang menginginkan rasa yang lebih kaya.

Baca lainnya  Cermati Perbedaan Oven dan Microwave Berikut ini!

Tengkleng

Apa Sih Bedanya Tongseng dan Tengkleng via via tribun ala tim duniamasak.com
Tengkleng via tribun

Tengkleng adalah masakan yang dipercaya sebagai masakan asli kota Solo. Ini adalah hidangan unik dan lezat yang pasti akan memanjakan lidah. Hidangan ini dibuat dengan tulang, yang masih memiliki beberapa daging di atasnya. Berbeda dengan tongseng, tengkleng dimasak hanya dengan dagingnya saja, sehingga lebih murni dan beraroma.

Dahulu, orang Belanda dan bangsawan menikmati olahan daging kambing. Daging kambing menjadi makanan khas yang hanya dinikmati oleh kaum bangsawan. Sementara masyarakat biaa diberi tulang, maupun kaki kambing. Dari bahan-bahan tersebut, orang membuat masakan yang tetap enak rasanya, dan dikemas penuh dengan bumbu. Secara khusus, tengkleng adalah contoh sempurna. Tongseng memiliki kuah yang kental, sedangkan kuah tengkleng justru lebih encer. Kuah tengkleng bisa menggunakan santan atau tanpa santan, tergantung selera. Semakin lama direbus, semakin terasa rasa dan aromanya. Kuah tengkleng seringkali lebih gurih daripada kuah tongseng, berkat tambahan bumbu seperti kecap manis dan gula merah.

Baca lainnya  Troli Stainless Steel yang Serba Guna untuk Bisnismu!
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!