Manfaatkan Weekend, Yuk Bersihkan Benda Kotor di Dapur!

Tips Membersihkan Kulkas via freepik.com Manfaatkan Weekend, Yuk Bersihkan Benda Kotor di Dapur!

Tahukah sahabat Duma bahwa kebersihan dapur dapat mempengaruhi kesehatan keluarga kita? Jika dapur kita kotor dan tidak rapih, dikhawatir dapur akan menjadi tempat berkembang biaknya bakteri penyebab penyakit. Bagaimana mungkin mengabaikannya? Apabila makanan sehari-hari dimasak di dapur kotor? Yuk kita manfaatkan weekend, untuk bersihkan benda kotor di dapur untuk menjaga kebersihan!

Jaga Kebersihan Dapur, Bersihkan Benda Kotor di Dapur

Manfaatkan Weekend, Yuk Bersihkan Benda Kotor di Dapur!  via Health.liputan6.com
Membersihkan kulkas via Health.liputan6.com

Melihat pentingnya kebersihan dapur, maka ada baiknya kita manfaatkan waktu weekend untuk membersihkan beberapa barang yang ada di dapur kita. Khususnya bersihkan benda kotor di dapur berikut ini:

Spons cuci

64% spons cuci di dapur terkontaminasi bakteri yang bisa berbahaya bagi kesehatan kita menurut Quinlan. Jadi, ada baiknya untuk sering mengganti spons atau sering mencucinya dan kemudian memanaskannya dalam microwave untuk membunuh bakteri patogen.

Baca lainnya  Pernah Coba Makanan Khas Nias? Wajib Dicicipi!

Bak cuci piring

Banyak orang percaya bahwa membilas bak cuci piring dengan air saja sudah cukup untuk membuatnya bersih. Sebuah penelitian menemukan bahwa 82% bak cuci piring mengandung bakteri berbahaya yang perlu dibersihkan dengan rutin agar tidak menjadi tempat berkembang biaknya penyakit.

Talenan

Alas potong dapur ini dapat digunakan untuk mengiris segala sesuatu mulai dari daging mentah hingga sayuran. Untuk alasan ini, selalu ada baiknya untuk membersihkan talenan agar bebas dari berbagai bakteri patogen.

Kulkas

Kulkas yang sering terlihat bersih sebenarnya bisa menjadi sarang mikroba dan bakteri yang menyebarkan penyakit, menurut pakar kesehatan Jennifer Quinlan dari Drexler University. Seringkali kita sembarangan menyimpan berbagai bahan makanan di dalam lemari es, seperti daging, ikan, dan unggas, yang pada akhirnya menyebabkan bakteri menyebar ke berbagai bahan makanan atau minuman lainnya di dalam lemari es. Untuk alasan ini, ada baiknya agar membersihkan lemari es secara teratur dan mengatur isinya dengan lebih baik. Tak hanya itu, pastikan suhu lemari es di bawah 4 derajat Celcius untuk menghambat pertumbuhan bakteri Listeria.

Baca lainnya  Resep Olahan Makanan Enak Kaya Nutrisi Untuk Diet Kamu

Nah bagaaimana sahabat Duma? Yuk kita manfaatkan waktu weekend kita untuk bersihkan benda kotor di dapur! Agar kesehatan keluarga tetap terjaga. Untuk sahabat Duma yang sedang mencari peralatan dapur atau untuk kebutuhan usaha, jangan lupa kunjungi Duniamasak.com yah!

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!