Panci Tepat, Masak Mantap! Kenali Macam Panci Sebelum Anda Gunakan

Share artikel ini:
Macam Panci via Lazada.co.id

Macam Panci via Lazada.co.id

Bagi sebagian Anda memasak bisa saja menjadi kegiatan yang asyik untuk dilakukan. Namun, tahukah Sahabat Duma bahwa panci ada beberapa macam, lho. Penggunaan panci yang tepat ternyata dapat membuat masakan Anda kian lezat. Waktu memasak pun bisa Anda pangkas dengan mudahnya. Contohnya saja stock pot alias panci kaldu. 

Panci kaldu memiliki desain yang tinggi dengan diameter yang kecil. Dengan begitu, proses penguapan pun dapat ditahan. Penguapan yang berlangsung lambat membuat sari pati kaldu semakin keluar.

Di Indonesia penggunaan panci kaldu mungkin tidak terlalu familier. Namun, lain cerita jika Anda bertandang ke luar negeri. Di negara-negera barat banyak masakan yang mengandalkan kuah kaldu. Panci kaldu pun tidak pernah luput untuk mereka gunakan.

Nah, selain panci kaldu atau stock pot apa saja sih macam panci yang perlu Anda miliki? Yuk, simak ulasan Dunia Masak berikut ini.

  1. Panci Saus (Sauce Pan)

Panci ini didesain untuk membuat aneka saus–biasanya untuk masakan barat. Namun, panci ini sering juga digunakan untuk membuat selai. Sauce Pan memiliki dinding tegak yang mudah dijangkau oleh sendok pengaduk. Pegangan di bagian samping pun cukup panjang sehingga memudahkan Anda saat mengaduk saus meski dalam kecepatan tinggi. Anda pun tidak perlu khawatir saus tercecer saat sedang dimasak.

Tips Memilih Panci Saus:

Saat membuat saus, Anda harus rajin mengaduk-aduk agar saus tidak mengendap dan gosong. Nah, untuk memudahkan Anda dalam menjangkau setiap sudut panci, pilihlah panci dengan diameter yang tidak terlalu lebar. Selain itu, pilih panci yang memiliki lekukan di bagian samping agar memudahkan Anda saat menuangkan saus.

Baca lainnya  Hindari 5 Makanan Untuk Ibu Hamil ini Agar Kandungan Sehat

Alternatif Produk Branded: Panci Bima Origin Classic Saucepan

Panci Bima Sauce Pan via Duniamasak.com

Panci Bima Sauce Pan via Duniamasak.com

2. Sauce Pot

Hampir serupa dengan sauce pan (panci saus), sauce pot bisa digunakan untuk membuat saus. Namun, tidak hanya saus saja. Sauce pot bisa juga digunakan untuk merebus daging, merebus sayuran, dan membuat sup. Sauce pot memiliki dua kuping yang kokoh yang akan memudahkan Anda saat mengangkat berliter-liter isi panci.

Alternatif Produk Branded: Panci Bima Origin Classic Saucepot

Sauce Pot via Duniamasak.com

Sauce Pot via Duniamasak.com

3. High Pot

Panci ini memiliki ukuran besar dengan cekungan yang cukup dalam. Ukuran panci yang besar, memudahkan Anda saat memasak hidangan dalam porsi besar, misalnya saja: ketika akan membuat opor saat Lebaran. Panci ini juga dilengkapi dengan dua ganggang yang kokoh yang mampu menopang berat panci (dan masakan) yang relatif berat.

Alternatif Produk Branded: Panci Bima Origin Premiere Highpot

High Pot via Duniamasak.com

High Pot via Duniamasak.com

4. Dandang (Steamer)

Penggunaan dandang memang sudah banyak digantikan oleh rice cooker. Hanya saja, bukan berarti panci ini sudah tidak ada gunanya lagi. Panci dandang atau steamer bisa Anda gunakan untuk membuat masakan yang dikukus, seperti : siomay, pepes, garang asem, macaroni schotel kukus, dan masih banyak lagi.

Baca lainnya  6 Trend Bisnis Makanan dan Minuman Dengan Modal Paling Kecil di Tahun 2016

Oh ya, dandang juga dapat Anda gunakan untuk memanaskan kembali makanan yang sudah disiman di lemari pendingin/kulkas.

Alternatif Produk Branded: Panci Bima Origin Classic Steamer Set

Steamer Set via Duniamasak.com

Steamer Set via Duniamasak.com

5. Panci Tekanan atau Panci Presto (Pressure Cooker)

Nah, ini salah satu panci yang wajib Anda miliki. Panci presto akan memudahkan Anda saat memasak, waktu memasak pun bisa Anda ringkas dengan mudahnya. Selain itu, panci presto dapat mengempukkan tulang. Ikan yang Anda masak menggunakan panci presto dapat Anda makan setulang-tulangnya. Menarik, bukan?

Selain melunakkan tulang, panci presto dapat digunakan untuk melunakkan makanan bertekstur keras. Pasalnya panci ini memiliki sistem kedap udara yang dapat menahan tekanan di dalam panci tetap tinggi. Tekanan tinggi inilah yang selanjutnya dapat mengempukkan makanan bertekstur keras, seperti daging rendang, iga, babat, dan kikil. Oh ya, memasak dengan panci presto dapat meringkas waktu memasak Anda.

Tips Perawatan Panci Presto:

Hal krusial pada panci ini terletak pada bagian tutup panci. Di bagian tutup panci terdapat karet yang membuat udara tidak keluar. Jadi, saat Anda membersihkannya, berikan perhatian ekstra ketika Anda membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel pada tutup panci.

 

Well, demikian macam panci beserta kegunaanya. Jika Anda ingin melihat daftar harga panci terbaru, Anda bisa mengeceknya di sini. Selamat memasak Sahabat Duma, pilih panci yang tepat, ya!

Share artikel ini:

Yuk bahas artikel ini!