Tips Mengatur Peralatan Dapur di Rumah Agar Lebih Menarik

Sahabat duma, kamu sudah merasa peralatan dapur tertata dengan rapi di dapur? Jika belum, artikel di bawah ini bisa menjadikan referensimu untuk mengatur peralatan dapur di rumahmu yang mungkin saja tidak sesuai dengan keinginanmu. Tim DuniaMasak akan membagikan tipsnya di bawah ini!

Mengatur Peralatan Dapur dengan Menarik

Peralatan dapur via pixabay.com

Peralatan dapur via pixabay.com

Kompor

Tips Pertama adalah interior ruang dan interior desain dapur sebaiknya jangan diletakkan di depan jendela yang bisa dibuka karena dapat mengganggu nyala api. Apabila menggunakan kompor gas, sediakanlah lemari penyimpanan tabung gas ya! Posisi tabung gas yang lebih aman yaitu dengan meletakkan di luar dapur yang posisinya dekat dengan ruang terbuka. Apabila terjadi kebocoran gas dapat langsung terbuang ke udara bebas, dan mengurangi resiko tabung meledak.

Bak Cuci Piring (Sink)

Dalam interior ruang dan interior desain dapur sebaiknya diletakkan berhadapan dengan jendela yang dapat dibuka, atau berdekatan dengan jendela. Posisi ini membantu pergantian udara di area sink agar tidak terlalu lembab. Sebaiknya kamu juga jangan meletakkan bersebelahan langsung dengan kompor, apabila terpaksa berilah jarak sekitar 50 cm antara kompor dan sink.

Kulkas

Sebaiknya jangan meletakkan kulkas di dekat kompor atau area yang terkena sinar matahari ya sahabat duma! Hal ini untuk mencegah naiknya suhu kulkas saat pintu dibuka, yang berakibat borosnya penggunaan energi listrik karena kulkas harus mengeluarkan energi ekstra untuk mendinginkan kembali.

Baca lainnya  SINKGARD, Penghancur Sisa Sampah Makanan

Merancang sebuah arsitektur desain dan arsitektur ruangan dapur tentu saja membutuhkan standar ukuran tertentu, tujuannya tentu saja untuk membuat nyaman bagi penggunanya karena sesuai dengan kondisi tubuh.

Posisi Meja Dapur (Kabinet Bawah)

Tinggi meja atau kabinet bawah harus disesuaikan ukuran penggunanya, apakah pendek atau tinggi. Karena pada meja dapur ini tempat meletakkan kompor dan sink, sebaiknya setinggi pinggul pengguna.

Kabinet Atas

Ketinggian interior ruangan dan interior kitchen set dasar kabinet atas juga disesuaikan dengan tinggi pengguna dapur. Bila terlalu tinggi mengakibatkan terlalu sulit mengambil benda yang disimpan di kabinet atas, sedang bila terlalu rendah kepala berisiko terbentur sisi lemari. Sisa ruang antara kabinet atas dan meja biasanya diberi ornamen khusus seperti: keramik, kaca, atau stainless steel.

Jarak Sirkulasi

Interior ruangan dan interior kitchen set dan area kerja yang terletak antara meja dapur atau kabinet bawah harus nyaman untuk aktifitas bekerja di dapur untuk pengguna. Misalnya untuk 2 orang bekerja saling membelakangi, orang dapat berlalu lalang di belakang orang yang sedang bekerja di dapur. Harus diperhitungkan pula kondisi orang yang sedang membungkuk atau berjongkok ketika sedang membuka kabinet bawah.

Baca lainnya  Kamu Seringkali Menghindari Kopi? Berikut Alasannya!

Fungsi dapur saat ini bukan hanya sekedar tempat untuk memasak, tetapi juga bisa memberikan nilai lebih pada kenyamanan dan estetika lho! Perencanaan dapur modern sekarang mengikuti prinsip segitiga yang menyatakan bahwa tiga fungsi utama dapur adalah penyimpanan (seperti kulkas), persiapan, dan memasak. Prinsip ini menekankan agar antara ketiga fungsi tersebut, tidak saling menghalangi namun juga jarak keduanya tidak terlalu jauh.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan