7 Pilihan Destinasi Paling Nyaman untuk Libur Panjang Natal dan Tahun Baru

Kayu Aro Pilihan Destinasi Paling Nyaman untuk Libur Panjang Natal dan Tahun Baru ala Duniamasak via pedomanwisata.com

Memasuki penghujung tahun memang identik dengan suasana dan hawa liburan. Namun libur panjang yang rutin setiap tahunnya ini dikarenakan Natal dan Tahun Baru selalu membuat hampir semua tempat wisata penuh dengan pengunjung. Jika kamu agak sedikit terganggu dan tidak nyaman dengan keramaian, tim Duma punya pilihan destinasi paling nyaman nih.

Salah satu tips untuk menghindari tempat wisata yang penuh dengan keramaian adalah memilih destinasi yang anti mainstream atau yang tidak banyak dituju. Sebut saja pantai Ancol, Dufan, Jatim Park, dan berbagai macam water park lainnya. Luangkan sedikit waktu dan biaya untuk pergi ke tempat – tempat yang jarang terjamah wisatawan seperti 7 pilihan destinasi paling nyaman di bawah ini. Dijamin liburanmu bakal jadi spesial dan nyaman!

Pilihan Destinasi Paling Nyaman untuk Libur Panjang Natal dan Tahun Baru

Danau Kaco Pilihan Destinasi Paling Nyaman untuk Libur Panjang Natal dan Tahun Baru ala Duniamasak via tribunnews.com

Danau kaco via tribunnews.com

Danau Kaco

Dalam Bahasa Indonesia, “kaco” berarti “kaca”. Dinamai demikian karena permukaan danau berwarna biru yang sangat jernih nyaris seperti kaca. Danau ini berada di Kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat yang merupakan situs warisan UNESCO. Letaknya di Desa Lempur, Kecamatan Gunung Raya, Jambi. Danau ini merupakan pilihan destinasi paling nyaman yang sayang jika dilewatkan.

Oh iya, selain kaya akan keindahan alamnya, Desa Lempur juga memiliki makanan khas daerah mereka lho, yaitu lemang kantung semar. Makanan ini cukup unik dan nikmat apabila dinikmati bersama saat bersantai di danau kaco. Eitsss tapi jangan sampai merusak alam dengan membuang sampah makanan sembarangan ya!

Baca lainnya  4 Tips Memilih Kue Lebaran Ala Tim DuniaMasak

Teluk Kiluan

Siapa yang tak mengenal teluk kiluan? Lokasi yang berada di area sepi nan terpencil ini mempunyai suasana yang tenang. Cocok untuk kamu yang ingin berlibur di tempat yang tak terlalu ramai sambil menikmati makanan laut yang gurih dan sehat. Teluk kiluan berada di pesisir Lampung, tepatnya di Desa Kiluan Negeri, Kelumbayan, Tenggamus, Lampung Selatan.

Desa Candirejo

Pilihan destinasi ini gak kalah nyaman loh, karena lokasinya dekat dengan Borobudur. Kalau kamu berangkat dari Yogyakarta, kamu akan menempuh perjalanan sekitar 40 kilometer. Sebelum benar – benar melakukan perjalanan tersebut ada baiknya kamu mengisi perut terlebih dahulu di daerah Umbulharjo, Yogyakarta. Di dekat terminal tersebut terdapat kedai Mie Ayam Bu Tumini yang konon rasanya sangat ciamikkk sahabat Duma.

Taman Nusa, Bali

Tempat yang memiliki miniature rumah – rumah adat seperti Taman Mini Indonesia Indah (TMII), walau tak seluruhnya sama ternyata taman nusa yang berada di Bali ini memiliki daya tarik sendiri. Dengan luas sekitar 15 hektare, taman nusa dikelilingi pegunungan, hutan, sungai, sawah, dan jurang. Lokasinya berada di Desa Sidan, Gianyar, Bali.

Setelah asik bersenang – senang di taman nusa, jangan lupa untuk mampir ke pasar seni sukawati ya sahabat! Di pasar ini terdapat nasi tahu yang seporsinya terdiri dari nasi, tahu goreng, sayur urap kacang panjang yang dicampur kelapa parut, kerupuk tahu, serta sambal terasi. Kamu bakalan ketagihan dan membakar lidah sambalnya.

Baca lainnya  Sarapan Sehat Overnight Oats: Praktis dan Mengenyangkan

Kayu Aro

Perkebunan teh yang berada di sungai penuh, Kabupaten Kerinci, ini merupakan yang tertua di Indonesia. Usianya mencapai ratusan tahun dan masih aktif hingga sekarang. Kayu Aro dinobatkan sebagai kebun teh kedua setelah The Darjeeling, India, dengan luas 2.500 hektare dan berada di ketinggian 1600 mdpl.

Teh hasil dari perkebunan kayu aro ini merupakan teh terbaik di Indonesia. Bahkan, di zaman kolonial, teh kayu aro menjadi minuman Ratu Inggris dan Ratu Belanda. Aroma dan rasanya begitu khas. Jangan lupa untuk mencicipinya selagi kalian berlibur dilokasi ini ya!

Suaka Marga Satwa Kerumutan

Suaka Marga Satwa Kerumutan Riau bisa jadi alternative wisata kamu saat Natal dan Tahun Baru nih, apalagi jika kamu suka berpetualang di alam bebas. Tempat ini dibagi menjadi tiga kawasan yang membentang hingga Kabupaten Pelalawan dan Indragiri Hulu. Hutan ini ditetapkan sebagai IBA (Important Bird Area) dan EBA (Endangered Bird Area), karena dijadikan tempat singgah bagi burung – burung yang akan bermigrasi.

Pulau Tikus

Pulau kecil yang hanya memiliki luas 2 hektare ternyata cukup memukau dan tentunya kamu akan menemukan fenomena penyu sisik dan penyu hijau bertelur disini. Tapi jangan sampai mengganggu atau bahkan merusaknya ya sahabat Duma!

Pulau tikus terletak di sebelah barat Kota Bengkulu sekitar 10 kilometer. Untuk menuju ke sini, kamu harus melalui jalur laut bisa menggunakan speed boat selama 45 menit atau kapal nelayan. Gimana sahabat Duma ? sudah menentukan pilihan destinasi paling nyaman untuk liburanmu ?

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!