Ragam Makanan Khas Aceh, Bikin Ketagihan Semua!

Indonesia memang kaya akan beragam kuliner nusantara. Aceh merupakah salah satu daerah yang tak boleh dilewatkan kulinernya. Mungkin yang sering terdengar oleh sahabat Duma adalah mie Aceh yang memang terkenal diberbagai daerah. Namun tidak hanya mie Aceh, nyatanya masih ada lagi makanan khas Aceh yang bikin ketagihan sahabat Duma! Yuk kita cari tahu disini!

Cicipi Makanan Khas Aceh Saat Terbang Ke Sana!

Makanan khas Aceh ayam tangkap via okezone.com ala tim duniamasak.com
Ayam tangkap via okezone.com

Daerah yang terkenal dengan sebutan Kota Serambi Mekah ini sangat terkenal dengan daerahnya yang kaya akan adat dan budayanya. Tentunya hal itu juga berlaku pada kulinernya yang sudah terkenal lezat dan memanjakan lidah. Berikut ini adalah makanan khas Aceh yang dapat sahabat Duma nikmati apalagi bila sedang berada di Aceh:

Mie Aceh

Mie yang satu ini memang sangat populer, bahkan masyarakat di luar Aceh pun banyak yang menggemari makanan yang satu ini. Terdapat dua jenis mie Aceh, yaitu berkuah dan goreng dengan citarasa pedas yang dimiliki. Tampilan dari Mie Aceh mirip dengan mie lidi ataupun spaghetti. Campuran mie Aceh adalah rempah-rempah khas Aceh serta ditambah sayuran tauge.

Baca lainnya  Makanan Khas Lebaran Untuk MPASI? Bolehkah?

Kopi sanger

Kopi sanger ini sangatlah berbeda dengan kopi pada umumya. Dikarenakan kopi susu ini merupakan perpaduan antara kopi hitam dengan susu kental manis dan gula. Cara pembuatan kopi sanger cukup unik dan menjadi daya tarik tersendiri. Walaupun dicampur dengan susu kental manis, namun citarasa dari kopi tidak hilang lho sahabat Duma!

Kuah pliek u

Kuah pliek u atau sayur pliek ini memang sudah jarang ditemukan. Kuah pliek u termasuk kedalam menu wajib yang disajikan pada acara hajatan yang diadakan pada masyarakat Aceh. Kuah pliek u merupakan sejenis gulai yang terdiri dari beragam sayur dan juga rempah-rempah yang diolah secara bersamaan. Pliek u adalah kelapa yang telah difermentasi.

Sie reboh

Sie reboh memiliki arti daging rebus dalam bahasa Aceh. Makanan khas Aceh yang satu ini berasal dari daging sapi yang telah direbus dengan santan serta bumbu-bumbu lainnya. Tekstur dari daging sie reboh sangatlah empuk dan juga kaya akan rempah-rempah.

Ayam tangkap

Ayam tangkap merupakan hidangan yang berasal dari ayam kampung dan diolah dengan berbagai macam bumbu. Bumbu-bumbu yang diolah diantaranya daun pandan, daun temurui, daun kari, dan daun salam koja. Serta terdapat tambahan bumbu lainnya seperti bawang merah, cabai hijau, dan bawang putih.

Baca lainnya  [QUIZ] Bisakah Kamu Menebak Gambar Seledri di Antara Daun Ketumbar?

Sahabat Duma sedang mencari peralatan masak? Ayo kunjungi website Duniamasak.com! Banyak diskon peralatan masak untuk kebutuhan rumah tangga dan juga bisnis kuliner!

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan