Resep Kue untuk Menyambut Hari Kemerdekaan: Simple Banget!

resep kue bolu merah putih via palmia.co.id

Hai sahabat duma, kamu bingung ingin menyajikan makanan ringan di hari kemerdekaan nanti? Demi menambah semarak hari kemerdekaan, di bawah ini tim DuniaMasak memberikan resep kue khusus hari kemerdekaan. Yuk ikuti resepnya!

Resep Kue Praktis Hari Kemerdekaan

resep kue redvelvet via bettycrocker.com

resep kue redvelvet via bettycrocker.com

Bolu Kukus Merah Putih

Bahan Alas:
100 gram kelapa parut kasar
1/8 sendok teh garam

Bahan:
3 butir telur
100 gram gula pasir
50 gram tepung beras
100 gram tepung terigu protein sedang
50 ml air bit
50 gram santan kental instan
1/4 sendok teh garam

Cara Membuat Bolu Kukus Merah Putih:
Pertama-tama aduklah rata bahan alas, tata di dasar cetakan bentuk pisang yang dioles tipis minyak lalu tekan-tekan sedikit supaya agak padat. Kocok telur dan gula pasir sampai mengembang lalu masukan tepung beras dan tepung terigu sambil diayak bergantian dengan campuran air bit, santan instan, dan garam sambil dikocok rata. Tuang ke dalam cetakan yang beralas kelapa lalu kukus di atas api sedang 10 menit sampai matang.

Lapis Beras Pisang Merah Putih

Bahan Lapis Beras:
900 ml santan dari 1 butir kelapa
3 lembar daun pandan
2 sendok teh garam
250 gram tepung beras
75 gram tepung sagu
250 gram gula pasir
1/2 sendok teh pewarna merah cabai

Bahan Pisang:
250 gram tepung beras
800 ml santan dari 1 butir kelapa
250 gram gula pasir
1 sendok teh garam
2 lembar daun pandan
100 gram tepung sagu
200 ml santan dari 1/4 butir kelapa

Bahan Isi:
4 buah pisang tanduk, kukus, potong bulat tebal 2 cm

Baca lainnya  Lontong Cap Go Meh Menu Menutup Tahun Baru Imlek

Cara Membuat Lapis Beras Pisang Merah Putih:
Pertama-tama lapis beras, rebus santan, daun pandan, dan garam hingga mendidih dan diamkan sampai hangat. Aduk rata tepung sagu, tepung beras, dan gula pasir lalu tuangkan santan sedikit-sedikit sambil diaduk rata. Bagi adonan menjadi 2 bagian, satu bagian dibiarkan putih dan satu bagian lain tambahkan pewarna merah lalu aduk rata kemudian bagi masing-masing warna jadi 4 bagian.

Oleskan minyak pada loyang 24x10x7 cm dan alasi plastik, panaskan dalam kukusan. Tuang 1 bagian adonan warna putih, kukus di atas api sedang 7 menit lalu tuang 1 bagian adonan warna merah di atasnya. Kukus diatas api sedang 7 menit, lakukan sampai adonan habis lalu kukus di atas api sedang 20 menit dan dinginkan lalu iris tipis 1/2 cm kemudian sisihkan.

Adonan putih: rebus tepung beras, santan, gula, garam, dan daun pandan sambil diaduk sampai meletup-letup lalu angkat, kemudian tambahkan larutan tepung sagu dan santan, aduk sampai kalis.

Bagi 3 bagian lalu tuang di loyang kotak 18 cm yang dialas daun pisang muda, tuang satu bagian dan atas pisang kemudian tuang lagi satu bagian di atas pisang. Kukus di atas api sedang 45 menit hingga matang dan dinginkan lalu keluarkan dari loyang. Plong diameter 4 cm lalu panaskan sesaat.

Panaskan sesaat kue lapis beras lalu gulung kue lapis beras pada kue pisang kemudian ikat ujung-ujungnya, terakhir kukus di atas api sedang 5 menit.

Red Velvet Merah Putih

Bahan-bahan/Bumbu-bumbu:
120 gram tepung terigu protein sedang
20 gram gula pasir
100 gram susu cair
60 gram minyak goreng
1/4 sendok teh baking powder
6 kuning telur
25 gram gula pasir
6 putih telur
1/2 sendok teh garam
1 sendok teh cream of tartar
75 gram gula pasir
1/2 sendok teh pewarna merah tua
1/4 sendok teh pewarna ungu

Baca lainnya  Keuntungan Menggunakan Panci Steamer Bima

Bahan Isi:
100 ml susu cair
50 gram keju cheedar parut
25 gram gula pasir
1 sendok makan maizena dan 1 sendok makan air, dilarutkan untuk mengentalkan
25 gram krim bubuk dan 50 ml air es, dikocok mengembang

Cara Membuat Red Velvet:
Kocok kuning telur dan gula hingga mengembang lalu sisihkan. Ayak tepung terigu, tambahkan gula pasir lalu aduk rata. Panaskan susu cair dan tambahkan minyak goreng dan pewarna, aduk rata.

Tuang sedikit-sedikit ke dalam campuran tepung terigu sambil diaduk perlahan lalu tambahkan kocokan kuning telur, aduk rata kemudian sisihkan. Kocok putih telur, garam, dan cream of tartar hingga setengah mengembang lalu tambahkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil dikocok hingga mengembang.

Masukkan kocokan putih telur sedikit demi sedikit ke dalam campuran tepung terigu sambil diaduk perlahan lalu tuang ke dalam 3 loyang diameter 22 cm tinggi 3cm.

Oven dengan api bawah suhu 170 derajat Celsius 25 menit hingga matang lalu keluarkan dari loyang. Filling: panaskan susu cair lalu tambahkan keju, aduk hingga larut.

Tambahkan larutan maizena, aduk hingga meletup-letup lalu tambahkan gula pasir kemudian aduk hingga larut dan dinginkan. Kocok lembut, tambahkan krim kocok lalu kocok rata. Ambil selembar cake dan oleskan isi lalu tutup cake. Lakukan hingga habis dan oleskan sisa bahan isi di atas cake.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!