Selain Jahe, Inilah Tanaman Herbal Untuk Meningkatkan Imun!

Tanaman Herbal Untuk Meningkatkan Imun via freepik ala tim duniamasak.com

Indonesia termasuk kedalam negara tropis, sehingga membuat Indonesia memiliki tumbuhan-tumbuhan yang memiliki banyak manfaat. Salah satu jenis tumbuhan yang terkenal adalah tanaman-tanaman herbal yang tumbuh subur di Indonesia. Jahe adalah tanaman herbal yang khasiatnya sudah tidak perlu diragukan lagi dalam meningkatkan imun. Namun, tahukah sabahat Duma? Ternyata masih ada beberapa tanaman herbal untuk meningkatkan imun yang wajib sahabat Duma ketahui.

Tanaman Herbal, Kaya akan Manfaat

Tanaman Herbal Untuk Meningkatkan Imun via freepik ala tim duniamasak.com
Tanaman herbal via freepik

Tanaman herbal memang menjadi obat tradisional yang sudah dipercaya ratusan tahun lalu. Manfaat dari setiap tanaman herbal sangat beragam. Mulai dari penyakit seperti flu, hingga penyakit lainnya yang lebih serius. Berikut ini adalah tanaman herbal untuk meningkatkan imun, agar tetap sehat dalam menjalankan aktivitas:

Kencur

Salah satu bahan yang digunakan dalam melengkapi bumbu dapur ini memiliki harum yang segar dan sangat sangat khas. Umumnya bahan dapur ini sering digunakan untuk menambah kelezatan pada masakan-masakan tradisional. Namun sebagian orang pun memanfaatkan kencur sebagai obat herbal untuk kesehatan. Asalnya, kencur merupakan tanaman Asia yang masih termasuk dalam keluarga jahe (Zingiberaceae). Tidak heran bila sekilas tampilan kencur mirip sekali dengan jahe dan sulit dibedakan bila kita tidak langsung menghirup aromanya. Kencur biasanya tumbuh di daerah pegunungan dan dataran rendah dengan subur. Kencur memiliki khasiat, diantaranya adalah menambah nafsu makan. Tidak hanya itu, kandungan mineral, pati, asam metil kanil dan antioksidan dalam kencur ternyata dapat menangkal radikal bebas. Dengan mengkonsumsi kencur sehari-hari, akan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga dapat menangkal virus yang masuk ke dalam tubuh.

Baca lainnya  Menyambut Hari Kuliner Nasional, Ayo Cicipi Makanan Berikut Ini

Cengkeh

Rempah serbaguna ini juga memiliki aroma yang khas dengan rasa yang manis. Umunya cengkeh digunakan sebaga bumbu pelengkap untuk rendaman makanan yang dipanggang ataupun sebagai pelengkap pada minuman-minuman hangat. Selain sebagai pelengkap bahan makanan, cengkeh sudah ratusan tahun dipercaya sebagai bahan pengobatan. Nama ilmiah dari cengkeh sendiri adalah Syzygium aromaticum yang masih termasuk dalam keluarga Mirtaceae. Manfaat yang dihasilkan dalam cengkeh, membuatnya menjadi salah satu tanaman herbal untuk meningkatkan imun. Pasalnya cengkeh kaya akan kandungan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas, selain itu cengkeh juga diperkaya dengan vitamin C serta vitamin K. Oleh sebab itu, mengkonsumsi cengkeh dipercaya dapat meningkatkan imun dan dapat melawan virus yang ada pada tubuh.

Baca lainnya  Perawatan untuk Gilingan Mie Anti Karat Ala Dunia Masak

Kunyit

Kunyit merupakan salah satu tanaman yang berasal dari Asia Tenggara. Tidak heran bila negara-negara dibagian tersebut membudidayakan tanaman ini, pasalnya kunyit dipercaya memiliki kandungan yang dapat menyehatkan tubuh. Kandungan kunyi yang paling terkenal adalah kurkuminoid yang di dalamnya  terdapat kurkumin dan desmetoksikumin serta kandungan lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan. Warna kuning pada kunyit disebabkan oleh adanya kurkuminoid didalamnya. Kunyit mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Oleh sebab itu, mengkonusmsi kunyit dapat meningkatkan imun kita sehingga tetap sehat.

Kayu Manis

Kayu manis adalah rempah yang cukup unik, pasalnya kayu manis berasal kulit pohon bagian dalam atau secarah ilmiah dikenal denganย Cinnamomum. Aromanya yang khas membuat kayu manis dijadikan sebagai aroma pewangi ruangan. Kayu manis sudah dipercaya sejak dahulu sebagai obat herbal. Salah satunya kayu manis di yakini dapat meningkatkan daya tahan tubuh karena kandungan magneisum, potasium serta zat-zat yang bermanfaat lainnya. Kayu manis dapat dikombinasikan pada minuman seperti teh maupun minuman herbal lainnya.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!