Selain Susu Sapi, Susu Ini Juga Dapat Dijadikan Campuran Kopi

Alternatif Selain Susu Sapi via freepik ala tim duniamasak.com

Es kopi susu memang memiliki banyak penggemarnya. Apalagi saat ini ini banyak sekali kedai kopi yang memiliki es kopi susu andalannya. Menikmatik es kopi susu memang sangat tepat bila di siang maupun di sore hari. Pasalnya kandungan kafein dalam es kopi susu membuat kita semakin bersemangat kembali menjalani aktivitas. Ditambah campuran susu dalam kopi yang membuat rasanya semakin nikmat. Berbicara soal susu, ternyata selain susu sapi kita juga dapat mencampurkan kopi dengan susu alternatif. Yuk kita intip sekarang juga!

Susu Alternatif, Selain Susu Sapi

Alternatif susu Selain Susu Sapi via pixabay.com ala tim duniamasak.com
Susu via pixabay.com

Susu sapi sering digunakan untuk campuran kopi dalam penyajian es kopi susu. Ternyata, selain susu sapi kita juga dapat memanfaatkan susu alternatif. Ya, susu alternatif adalah sari nabati yang berasal dari kacang-kacangan dan gandum. Susu alternatif ini dijadikan pilihan banyak orang yang intoleransi laktosa dan juga vegetarian. Berikut ini alternatif susu campuran kopi, selain kopi susu:

Soy Milk, pilihan selain susu sapi

Penggunaan susu kedelai / soy milk memang sudah sering digunakan oleh beberapa kedai kopi sebagai pengganti susu sapi. Harganya yang lebih murah dan juga mudah didapatkan menjadikan susu kedelai dijadikan pilihan banyak kedai kopi. Namun, ada hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan susu kedelai. Pasalnya susu kedelai dapat menggumpal dalam kopi, dikarenakan reaksi terhadap kandungan asam dalam kopi yang terkena susu yang panas. Maka dari itu tuanglah susu kedelai secara perlahan agar menghindari susu kedelai menggumpal. Pilihan susu kedelai yang tidak mengandung pengawet sangat disarankan karena jauh lebih aman. Tekstur dari susu kedelai ini lembut dan juga creamy dengan rasa yang netral. Bisa dibilang mirip dengan susu sapi karena dapat menghasilkan foam yang serupa.

Baca lainnya  Alasan Kopi Menjadi Favorit Anak Muda Jaman Sekarang

Oat Milk

Alternatif yang kedua adalah oat milk, ya susu ini terbuat dari oat sesuai dengan namanya. Banyak orang yang menyukai susu ini dikarenakan kandungan serat yang tinggi. Susu ini juga terkenal dan sering dibicarakan oleh orang-orang yang sedang menjalani diet. Rasa dari susu oat ini yaitu creamy dan mirip dengan susu full-fat. Untuk tesktur, oat milk memiliki tekstur yang lembut dan cocok dicampur dengan kopi. Oat milk juga dapat menghasilkan foam yang lebih besar dibandingkan dengan susu sapi. Namun, untuk menghasilkan oat dibutuhkan waktu yang lebih lama jika dibandingkan dengan susu sapi. Oat milk juga dapat dijadikan pilihan foam untuk membuat latte art.

Rice Milk

Susu yang satu ini memang jarang ditemui di Indonesia. Akan tetapi jenis kopi ini sangat diminati para pecinta kopi yang menderita alergi susu. Untuk kasus hypoallergenic maka rice milk bisa menjadi pilihan. Cita rasa yang dimiliki oleh rice milk cenderung netral, sehingga tidak menggangu citarasa dari kopi itu sendiri. Tekstursnya cenderung watery membuat rice milk tidak menghasilkan tesktur yang creamy. Foam yang dihasilkan ricemilk tidak begiru memuaskan karena tidak mengandung protein yang cukup.

Almond Milk

Susu yang satu ini sangat populer digunakan untuk campuran kopi. Susu yang berasal dari kacang yang terkenal ini memiliki banyak varian rasa, mulai dari yang original hingga penambah rasa lainnya. Hindari Jika susu almond dicampur ke dalam kopi dengan suhu yang panas atau keasaman karena akan menyebabkan susu almond mengental. Almond sendiri memiliki rasa yang nutty bahkan terkadang pahit. Kita dapat menambahkan pemanis agar rasanya lebih lembut ketika dicampur kedalam kopi.

Baca lainnya  Resep Olahan Jamur ini Nggak Akan Buat Kamu Bosan!

Coconut Milk

Coconut milk juga sering dijadikan alternatif susu, ya coconut milk atau dikenal dengan santan ini memang tak jarang dijadikan pengganti susu sapi. Rasa manis dan gurih dari kelapa ini pun banyak orang yang menyukai. Namun, aroma dari kelapa dan cita rasa yang kuat mengalahkan rasa dari kopi itu sendiri. Hasil foam yang terbuat dari coconut milk pun kurang padat dan ukurannya yang cenderung lebih besar.

Selain susu sapi, ada Cashew Milk

Cashew milk memiliki tekstur creamy mirip dengan susu sapi, tak heran bila banyak yang menyukai cashew milk. Namun bila ingin menyejadikan pilihan cashew milk untuk campuran kopi, sebaiknya kita mempertimbangkan harganya. Ada baiknya kita membuat cashew milk sendiri bila ingin mencampurkannya sebagai alternatif susu sapi. Rasanya pun tidak terlalu nutty jika dibandingkan dengan susu yang memiliki bahan dasar kacang dan juga tidak terlalu manis. Foam yang dihasilkan memiliki ukuran yang besar seperti sabun dan tidak terlalu padat.

Nah sekarang sahabat Duma punya banyak pilihan susu selain susu sapi kan? Kira-kira pilihan sahabat Duma yang mana? Ayo jawab sekarang juga!

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!