Selain Wortel Ungu, Ternyata Banyak Sayuran Berwarna Ungu Lainnya Lho!

Sayuran Berwarna Ungu Wortel via freepik ala tim duniamasak.com

Kita semua tahu bahwa sayuran memang baik dikonsumsi setiap hari, apalagi bila sayuran yang kita konsumsi bewarna ungu. Pasalnya sayuran yang bewarna ungu mengandung antioksidan yang kuat dan sangat bagus untuk kesehatan. Selain wortel yang bewarna ungu, ternyata terdapat juga beberapa sayuran berwarna ungu lainnya yang dapat menjadi pilihan sahabat Duma untuk mengkonsumsi sayuran berwarna ungu.

Sayuran Berwarna Ungu, Banyak Manfaat

Sayuran Berwarna Ungu via freepik ala tim duniamasak.com
Sayuran berwarna ungu via freepik

Antioksidan sangat baik untuk melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat menimbulkan penyakit. Warna ungu yang dihasilkan secara alami dari sayuran berwarna ungu memang dapat memperbaiki kerusakan sel pada tubuh. Ini adalah beberapa rekomendasi sayuran berwarna ungu yang wajib diketahui.

Wortel Ungu

Sayuran Berwarna Ungu Wortel via diynetwork.com ala tim duniamasak.com
Wortel ungu via diynetwork.com

Seringnya kita melihat wortel berwarna oranye pasti akan merasa heran dengan wortel yang warnanya ungu. Wortel ungu sendiri sebetulnya sudah ada sekitar 5000 tahun yang lalu di Afganistan dan merupakan warna asli dari wortel yang sesungguhnya. Woterl dikawin silangkan hingga menjadi wortel berwarna oranye yang dengan mudah kita jumpai saat ini. Dibandingkan wortel oranye, wortel ungu memiliki antioksidan yang lebih banyak karena warna ungu yang dihasilkan alami.

Kol Ungu

Sayuran Berwarna Ungu kol via freepik ala tim duniamasak.com
Kol ungu via freepik

Kubis atau kol ini dapat kita temukan di supermarket karena memang sudah banyak yang menjualnya. Kandungan kol ungu yang tinggi akan vitamin, antioksidan, nutrisi dan fitokimia yang baik untuk kesehatan. 70gr Kol ungu terkandung 51mg Vitamin C, 2gr serat dan 216mg potasium. Kandungan vitamin C dalam kol ungu, membuat kita yang mengkonsumsinya memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik.

Baca lainnya  Percaya Nggak Sih, dengan Makanan ini Kulit Bisa Putih Bersinar Lho!

Brokoli Ungu

brokoli ungu via freepik ala tim duniamasak.com
Brokoli ungu via freepik

Sayuran ini sangat tinggi serat lho sahabat Duma, jika di luar negeri brokoli ungu ini sering ditemukan di Inggris, Spanyol dan Italia. Kandungan yang terdapat pada brokoli ungu adalah protein, karbohidrat, asam amino, kalsium, serat, antioksidan dan masih banyak lagi manfaatnya. Setiap brokoli umumnya mengandung 33 kalori yang sangat cocok untuk sahabat Duma yang sedang melakukan program diet.

Tomat Ungu

tomat ungu via etsy.com ala tim duniamasak.com
Tomat ungu via etsy.com

Tomat sangat sering kita jumpai, pasalnya tanaman yang satu ini dapat kita langsung konsumsi ataupun kita olah dengan bahan-bahan masakan lainnya. Namun bagaimana dengan tomat ungu? Pernahkah sahabat Duma mencoba? Tomat ungu yang merupakan hasil rekaya genetika ini ternyata memiliki beberapa kandungan yang tidak kalah bermanfaat bagi kesehatan. Bahkan kandungan dari tomat ungu bisa dibilang mirip sekali dengan blueberry dan cranberry.

Cabai Ungu

Cabai ungu via simplyseed.co.uk ala tim duniamasak.com
Cabai ungu via simplyseed.co.uk

Cabai ungu atau sering sekali disebut juga dengan caba Jepang ini jarang sekali kita temukan. Umumnya cabai ungu ini bentuknya seperti cabai rawit dengan warna ungu. Fungsi cabai ungu juga tidak berbeda dengan cabai pada umumnya hanya saja cabai ungu lebih kaya antioksidan.

Baca lainnya  4 Toko Roti Paling Terkenal Enak dan Legendaris di Jakarta

Kentang Ungu

Kentang ungu via rotinrice.com ala tim duniamasak.com
Kentang ungu via rotinrice.com

Kentang ungu kaya akan nutrisi penting mulai dari vitamin c, antioksidan, vitamin B dan masih banyak yang lainnya. Warna ungu dihasilkan mulai dari luar hingga bagian dalam kentang berkat kandungan antosianin.

Jagung Ungu

Jagung Ungu via freepik ala tim duniamasak.com
Jagung ungu via freepik

Jagung ungu atau yang bahasa Spanyolnya Maiz Morado adalah jenis jagung yang memang belum terlalu dikenal di Indonesia. Di pegunungan Andes, Amerika Selatan jagung ungu umumnya dijadikan bahan pewarna dan juga sebagai minuman.

Bombay Ungu

Bombay ungu via freepik ala tim duniamasak.com
Bombay ungu via freepik

Bombay ungu umumnya dicampurkan dengan salad dan sangat jarang bila dimasak. Rasa dari bombay ungu tergolong lembut dan terdapat rasa manis. Untuk kandungan baik bombay ungu ataupun yang bewarna putih sama-sama meiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Paprika Ungu

Paprika ungu via istockphoto.com ala tim duniamasak.com
Paprika ungu via istockphoto.com

Paprika Ungu sangat baik dalam mencegah penuaan dini karena kandungan antioksidan yang baik dalam menangkal radikal bebas. Rasa dari paprika ungu sedikit pahit berbeda dengan paprika yang bewarna kuning, merah dan oranye. Paprika termasuk rendah lemak dan rendah kalori sehingga tidak meningkatkan kolesterol jahat di tubuh kita.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!