Serupa Tapi Tak Sama, Berikut Perbedaan Frosting dan Icing

Perbedaan frosting icing cake via freepik ala duniamasak

Dalam pembuatan kue tart untuk ulang tahun atau acara pernikahan, pasti akan banyak menggunakan cream yang dibaluri untuk menghias dan mempercantik kue. Ternyata, beberapa orang banyak yang mengira bahwa cream tersebut adalah seperti whipped cream. Padahal pada kenyataannya adalah dibaluri dengan frosting ataupun icing. Kedua hal tersebut pun bisa dianggap serupa tapi tak sama. Agar tidak salah, mari simak perbedaan frosting dan icing di bawah ini.

Perbedaan Frosting dan Icing

Perbedaan frosting dan icing via freepik ala duniamasak
Perbedaan frosting dan icing via freepik

Karakteristik dan fungsi

Meskipun dari tampilan luar kedua hal ini dianggap sama namun penggunaannya berbeda. Biasanya, frosting dipakai untuk melapisi bagian luar kue tart dengan tampilan yang lebih halus. Teksturnya yang kental dan agak lengket juga akan menciptakan tampilan kue yang lebih ‘berisi’ dan tidak akan mengeras saat kering. Sementara itu, kegunaan icing adalah membuat lapisan luar kue tart atau pastry menjadi lebih mengkilat. Lapisannya juga lebih tipis dan lebih cair daripada frosting sehingga akan cepat mengeras saat kering. Untuk aplikasi pada kue tart, frosting akan dipakai dengan cara diratakan menggunakan spatula. Sedangkan untuk icing yang memiliki tekstur lebih cair, umumnya menggunakan pipping bag untuk membantu menghias lapisan luar kue.

Baca lainnya  Cake Showcase yang Tepat untuk Mempercantik Toko Kuemu

Bahan dan resep yang digunakan

Frosting terbuat dari mentega, krim atau susu, gula bubuk, dan vanili. Resepnya adalah siapkan 5 cangkir gula bubuk, 1 cangkir mentega, 4 sdm krim atau susu, dan 3 sdt vanili. Campurkan mentega dan gula bubuk sampai lembut kemudian tambahkan krim atau susu dan juga vanili lalu aduk hingga merata. Sementara itu, icing terbuat dari gula bubuk, bubuk meringue, dan air. Resepnya adalah 2 cangkir gula bubuk, 6 sdm bubuk meringue, dan 3 sdm air. Campurkan gula bubuk dan bubuk meringue lalu kocok dengan rata. Tuangkan air sedikit demi sedikit dan pastikan adonan tidak terlalu berair walau hasil akhirnya juga akan sedikit cair. Umumnya, rasa icing akan lebih manis dibandingkan frosting. Dalam pembuatannya, frosting dan icing juga bisa ditambahkan dengan pewarna makanan agar tampilannya lebih menarik.

Baca lainnya  Mommy Wong Deso "Menyampaikan Resep dengan Teknik Berbeda"
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!