[Street Food Edition] Lapak Maknyak

Lapak Maknyak Umkm Ibu Laili dok. duniamasak review resto food blogger

Hai, sahabat Duma! Kembali lagi dalam konten Street Food Edition yang akan mengulas salah satu makanan buatan UMKM pelanggan setia Duniamasak.com nih. Tentunya rasa makanan tidak kalah enak dengan hidangan restoran dan cafe loh. Yuk simak artikel dari bisnis Ibu Laili yaitu Lapak Maknyak.

Lapak Maknyak

Sebenarnya, bisnis ibu Laili sudah berjalan sejak tahun 2017 dan pertama kali bergerak dibidang pakaian muslim. Seiring berjalannya waktu, sang Ibu ingin melengkapi usahanya dengan menyediakan perabot dapur. Dimasa pandemi, Ibu Laili pun juga membuka peluang dibidang kuliner pada bulan September 2020. Awalnya hanya membuat bumbu rawon dan ternyata respon pelanggan sangat baik hingga akhirnya menerima pesanan hidangan lainnya seperti makanan desa yang belum populer di ibukota. Nama Lapak Maknyak sendiri dipilih karena mempunyai arti yang sederhana dan mudah diingat serta bersahaja. Ibu Laili juga ingin agar anak-anak muda mengenal hidangan kuliner desa khususnya daerah Jawa pada zamannya yang mungkin menjadi favorit orang tua mereka di masa itu. Berikut beberapa rekomendasi menu yang dihidangkan di Lapak Maknyak yang telah dicicipi oleh tim Duniamasak.com:

Baca lainnya  Nikmati Suasana Nan Nyaman di Ambet Kasih Cafe & Resto

Rawon dan Empal Gentong

Empal Gentong dan Rawon lapak maknyak umkm ibu laili dok duniamasak
Rawon dan Empal Gentong dok. duniamasak

Sebagai menu pertama, tentu tim DuMa akan memilih hidangan berkuah yang segar. Diawali dengan mencoba Rawon yang menjadi pioneer usaha kuliner Ibu Laili.  Kuah hitamnya yang gurih dan tidak terlalu manis khas Malang ditambah dengan potongan daging sapi empuk yang besar didampingi dengan  telur asin, sangatlah cocok disantap saat masih hangat. Menu kuah kedua yaitu Empal Gentong. Kuah yang kaya akan rempah-rempah serta santan yang tidak terlau banyak diisi dengan potongan daging sapi yang sama seperti Rawon, rasanya akan menjadi nikmat dan sempurna saat ditaburi dengan bawang goreng kriuk homemade dari usaha ini.

Pecel + Sate Lilit

Pecel dan sate lilit kerupuk lapak maknyak umkm ibu laili dok duniamasak
Pecel + Sate Lilit dok. duniamasak

Menu kedua ada Pecel khas Madiun. Dengan isian sayur kangkung, daun pepaya, labu, serta taoge segar lalu disiram dengan bumbu kacang yang enak dan disajikan bersama kerupuk serta Sate Lilit khas Bali; tentu akan cocok dijadikan sarapan yang sehat di pagi hari.

Baca lainnya  Waha Kitchen, Hidangan Khas Peranakan Hanya di sini!

Nasi Jagung + Ikan Asin + Sambal

Nasi jagung ikan asin sambel terasi dok duniamasak
Nasi jagung + Ikan Asin + Sambal dok. duniamasak

Menu ketiga adalah hidangan yang DuMa belum pernah coba sebelumnya. Ya, Nasi Jagung terasa sangat baru dilidah namun sangat lezat juga untuk dinikmati bersama Ikan Asin garing serta Sambal terasi. Nasi ini sangat terkenal di daerah Jawa dan bisa juga dipadukan dengan lauk lainnya.

Oseng Jantung Pisang

Oseng Jantung Pisang dok. duniamasak
Oseng Jantung Pisang dok. duniamasak

Menu terakhir merupakan hidangan yang menjadi favorit DuMa nih! Oseng Jantung Pisang buatan Ibu Laili berhasil dimasak dengan empuk dan menggunakan bumbu dapur segar serta cabai hijau yang pedas sehingga bisa juga dinikmati bersama nasi jagung sebelumnya. Very recommended!

Ibu Laili juga menerima pesanan dalam jumlah besar untuk acara spesial seperti hajatan, ulang tahun, dan semacamnya. Bagi sahabat DuMa yang ingin mencoba hidangan dengan kearifan lokal  dari daerah Jawa, Lapak Maknyak hadir dengan banyak menu yang sudah disesuaikan dengan lidah ibukota. Mari kita coba! #LocalPride

Jam Buka:
Senin – Minggu
09.00-18.00
Telepon: 087879194474
Instagram: @laili3159
Made by order from Bekasi
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!