Tahukah Kamu Peralatan yang Bernama ‘Jigger’?

Apa yang dimaksud dengan Jigger via freepik ala duniamasak

Di bulan yang bertema kopi ini, Duniamasak.com sudah membahas apa itu barista yang berbeda dengan bartender. Keduanya sering dianggap sama oleh orang awam karena peralatan yang digunakan beberapa ada yang mirip dan pekerjaannya pun hampir sama yaitu meracik minuman. Kali ini, Duniamasak.com ingin menjelaskan salah satu peralatan yang sama dan sering digunakan oleh para peracik minuman ini. Tahukah kamu peralatan yang bernama jigger?

Jigger

Berbagai jenis jigger via mixologycrew.com ala duniamasak
Berbagai jenis jigger via mixologycrew.com

Jigger adalah sebuah alat berbentuk seperti jam pasir yang memiliki dua sisi. Alat ini berguna untuk menakar atau mengukur seberapa banyak tambahan cairan pelengkap untuk sebuah minuman dan terbuat dari logam atau plastik. Biasanya, dua sisi pada alat ini mempunyai takaran yang berbeda yaitu 1 ons dan 2 ons. Alat pengukur ini dipakai untuk mengukur cairan tambahan dalam minuman seperti jumlah gula cair untuk kopi atau bisa juga untuk mengukur jumlah alkohol untuk membuat cocktail. Selain dalam bentuk seperti jam pasir, sekarang banyak bermunculan jenis pengukur cairan ini dengan bentuk dan ukuran lain yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kedai minuman.

Baca lainnya  Tips Mengolah Makanan Beku yang Benar, Begini Caranya!

Tall Jigger

Jenis alat ukur ini yang paling sering ditemukan pada kedai kopi maupun kedai minuman lainnya. Umumnya, pengukur Tall yang terbuat dari stainless steel memiliki ukuran 56 ml (2 oz) di satu sisi dan 28ml (1 oz) pada sisi lainnya.

Multi-Level Bar Jigger

Sesuai dengan namanya, pengukur Multi-Level Bar mempunyai tingkat ukuran yang berbeda-beda dalam satu alat. Mulai dari ukuran 0,5 oz hingga 2,5 oz. Biasanya, barista dan bartender profesional jarang menggunakan pengukur jenis ini. Hal ini dikarenakan lebih disarankan untuk penggunaan personal agar lebih mudah dalam mengukur cairan campuran minuman.

Jigger Cube

Selain berbentuk jam pasir seperti kedua jenis sebelumnya, pengukur jenis inilah yang paling unik dan menarik perhatian. Pengukur Cube yang berbahan dasar aluminium ini berbentuk kubus dan keenam sisinya memiliki ukuran yang berbeda-beda. Pengukur ini memungkinkan untuk menuangkan cairan dari 0,5 oz hingga 2,25 oz.

Baca lainnya  Makanan Khas Yogyakarta Kreasi Tionghoa

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!