Tipe Portafilter untuk Sajian Kopi Espresso

Tipe portafilter via freepik ala tim duniamasak.com

Salah satu bagian penting dari mesin kopi espresso manual maupun semi-automatic adalah portafilter. Tipe portafilter pun disesuaikan dengan mesin kopi karena tidak semua portafilter cocok dengan semua jenis mesin kopi. Untuk itu sahabat Duma wajib mengetahui tipe portafilter agar sajian kopi espresso yang dihasilkan pun terasa semakin nikmat.

Mengenal Portafilter

Tipe portafilter via freepik ala tim duniamasak.com
Tipe portafilter via freepik

Jika sahabat Duma seorang Barista tentunya sudah akrab dengan portafilter ini. Karena untuk menghasilkan sajian kopi espresso hampir semua memerlukan portafilter ini. Umumnya barisnya akan menyiapkan air dan kopi yang rasionya sudah disesuaikan, kopi pun digiling dengan level fine ground dan diletakkan kedalam portafilter kemudian dilakukan proses tamped ground coffee. Hasil kopi dengan rasa yang baik pun sangat dipengaruhi pada saat proses tamping.

Portafilter sendiri adalah bagian yang penting pada mesin kopi dimana dilakukannya proses air panas yang mengalir dengan cepat kearah basket yang isinya terdapat ground coffee. Air itu akan mengalir hingga ke ujung mengarah ke cup. Bagian Portafilter memiliki fungsi yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Baca lainnya  Ternyata Berikut ini Makanan Kesukaan Berdasarkan Zodiakmu

Handle portafilter berfungsi sebagai pegangan saat barista memulai proses persiapan.

Filter basket berfungsi sebagai wadah ground coffee. Ada jenis filter basket yang berbeda disesuaikan dengan sajiannya seperti single shot dan double shot. Jika single shot dasar basket lebih mengericut kebawah dengan titik hole yang sedikit. Sedangkan untuk double shot, titih hole yang dimiliki lebih banyak dan ukurannya pun lebih besar. Selanjunta

Tension spring berfungsi sebagai tempat menahan filter basket. Selain itu juga berfungsi sebagai penghubung spout setelah mengektraksi espresso. Khusus untuk naked shot, tidak perlu menggunakan tension spring sehingga langsung mengalir ke cup.

Spout sebagi titik akhir setelah menjadi liquid espresso. Terdapat 3 jenis spout yang dibedakan dari lubang yang dimilikinya.

Tipe Portafilter

Untuk menyajikan kopi espresso, baik single shot, double shot atau naked shot ternyata memerlukan portafilter yang berbeda. Bahkan mesin kopi khusus pun ada yang tidak dapat menggunakan portafilter jenis lain. Berikut ini adalah tipe portafilter:

Pod portafilters

Untuk menggunakan portafilter ini tidak perlu memiliki keahlian yang khusus. Kita hanya perlu menyesuaikan ground coffee sesuai dengan tingkat grind.

Pressurized portafilters

Portafilter ini juga sangat mudah digunakan dan cocok untuk barista pemula yang ingin belajar menyajikan espresso. Tipe portafilter ini mengalirkan air secara ke lubang spout kecil yang mengarah ke cup dengan cara ditekan.

Baca lainnya  Ingin Berbisnis Kuliner dengan Modal Minim? Nih Bisnis Olahan Buah Aja!

Non-pressurized/comercial portafilters

Untuk menyajikan espresso dengan shot yang berbeda diperlukan filter basket yang sesuai. Aliran air dapat mengalir dengan mudah tidak perlu ditekan layaknya pressurized. Tipe portafilter ini yang sering digunakan di berbagai coffee shop, penyajianna yang cepat menjadi nilai tambah dari tipe portafilter ini.

Bottomless (naked)

Diperlukan keahlian khusus untuk menggunakan portafilter ini. Pasalnya portafilter ini tidak memiliki tension spring dan juga tidak ada lubang aliran air yang menuju ke spout. Aliran langsung ke filter basket kemudian ke cup.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!