Tips Agar Tidak Kesiangan Sahur!

Tips Agar Tidak Kesiangan Sahur! via freepik/jcomp ala tim duniamasak.com

Tips agar tidak kesiangan sahur – Sebagian orang memang memilih tidak makan sahur ketika berpuasa. Namun siapa sangka, makan sahur tentunya sangat dianjurkan ketika kita ingin menjalani ibadah puasa. Hal itu dikarenakan selama seharian penuh tubuh tidak ada asupan makanan maupun minuman. Nah ternyata ada juga beberapa orang selalu bangun kesiangan ketika sahur dengan berbagai macam alasan. Untuk menghindari hal tersebut, kali ini Duma akan berikan tipsnya!

Tidak Lagi Bangun Kesiangan Sahur

Siapkan bahan masakan di malam hari via shutterstock agar tidak Kesiangan Sahur
Siapkan bahan masakan di malam hari via shutterstock

Sahabat Duma termasuk kedalam orang yang sering telat sahur? Atau sahur dengan waktu yang relatif cepat karena waktunya sudah mepet? Wah kalau memang seperti itu, ada baiknya intip tips agar tidak kesiangan sahur ala tim Duniamasak.com ini yah!

Jauhkan alarm

Menyalakan alarm dan dekat sekali jaraknya dengan tubuh kita memang agar kita mudah bangun. Akan tetapi faktanya, dengan jarak yang dekat tersebut membuat kita hanya perlu mematikan alarm tersebut bahkan dengan kondisi mata tertutup. Untuk membuat alarm berfungsi dengan baik. Maka sebaiknya letakkan alarm berjauhan dengan kita, agar ada pergerakan yang kita lakukan untuk mematikan alarm tersebut. Sehingga tubuh bergerak dan memungkinkan mata kita terbuka lebar.

Baca lainnya  4 Bahan Pewarna Merah Alami Untuk Campuran Makanan

Tidur cukup

Tidur yang cukup dan tidak kemalaman merupakan salah satu kunci utama. Terkadang jika kita tidur terlalu malam akan membuat kita sulit untuk membuka mata ketika waktu sahur telah tiba. Dengan tidur yang cukup membuat kita memiliki waktu istirahat yang baik sehingga tubuh menjadi ringan ketika waktu sahur telah tiba.

Tidak mengonsumsi minuman berkafein

Mengonsumsi minuman kafein membuat sebagian dari kita akan kesulitan untuk tidur. Tidak heran bila sebgaian dari kita memanfaatkan kopi bila ingin tetap terjaga hingga malam. Maka saran dari Duma, hindari minuman yang mengandung kafein agar kita lebih mudah terlelap dan bersiap ketika sahur tiba.

Atur porsi makan saat berbuka

Puasa membuat kita menahan haus dan lapar seharian. Tentu hal tersebut terkadang membuat kita merasa ingin menyantap makanan dengan porsi yang banyak. Padahal, hal tersebut sangat tidak dianjurkan karena membuat perut kita merasa kurang nyaman. Walaupun kita berpuasa kebutuhan tubuh tentulah sama, kita dapat mencukupi kebutuhan dengan makan sesuai porsi yang cukup ketika sahur dan berbuka. Bila perut kita tidak kelebihan banyak makanan tentu akan membuat perut terasa nyaman. Sehingga tidur pun tidak terganggu dengan kondisi perut yang berlebihan.

Baca lainnya  Ternyata Bahan Dapur ini Mampu Menghilangkan Bau Kulkas Lho!

Siapkan manakan sahur sebelum tidur

Sebelum kita tidur, usahakan kita sudah membuat bahan-bahan atau menentukan menu sahur yang ingin kita masak maupun kita santap. Agar ketika menjelang sahur kita hanya perlu menyiapkan makanan saja yang telah disediakan. Sehingga waktu sahur pun tidak begitu banyak dihabiskan untuk memasak atau menyiapkan makan sahur.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!