Tips Makan Untuk Orang Sibuk

Share artikel ini:

Semakin padatnya jadwal pekerjaan serta tekanan yang ditimbulkan dari pekerjaan itu membuat kita kadang lupa untuk beristirahat atau bahkan menyempatkan sedikit waktu luang untuk sekedar menikmati makanan agar tetap memiliki energi untuk bekerja lagi.

Jika kamu termasuk kedalam tipe orang yang seperti ini, mungkin kamu akan sangat membutuhkan tips-tips ini. Karena pada artikel kali ini, DuniaMasak.com akan memberikan informasi dan tips untuk kamu agar tetap bisa menjaga kesehatan dengan pola makan yang benar walaupun hanya memiliki sedikit waktu

 

  1. Sarapan

    Sumber foto : colis.co.id

Sarapan sangat penting untuk menyokong energi kamu agar kuat menghadapi padatnya aktifitas yang akan kamu jalani seharian nanti. Usahakan hindari sarapan dengan makanan yang mengandung karbohidrat dan gula.

Inilah beberapa sarapan yang dianjurkan untuk disantap :

  • Makanan yang memiliki karbohidrat kompleks yang tinggi seperti oatmeal, sereal, buah dan sayur,
  • Makanan yang mengandung serat yang tinggi seperti sereal gandung dan biji chia
  • Makanan yang kaya akan Protein misalnya kacang-kacangan, biji-bijian, susu almond, susu sapi, yoghurt, dan telur
  • Makanan yang mengandung Lemak, misal kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat dan kelapa

 

  1. Kurangi minum Kopi

    Sumber foto : http://www.lanlinglaurel.com/

Kebanyakan minum Kopi akan sangat membebani organ hati anda, Hati adalah organ yang membersihkan racun tubuh anda jadi apabila organ hati anda terbebani, maka kemungkinan anda akan terkena penyakit dan berat badan anda akan meningkat, membuat anda dehidrasi, dan meningkatkan resiko gula darah yang tidak stabil. Jadi alangkah baiknya jika kamu sudah terlalu banyak mengkonsumsi Kopi bisa diganti dengan beberapa alternatif sebagai berikut :

  • Teh Ginseng, dapat membantu meningkatkan energi kamu
  • Teh Oolong, sangat membantu menurunkan berat badan
  • Teh Hijau, membantu meningkatkan Konsentrasi
  • Teh Peppermint, dapat mengurangi sakit perut

 

  1. Perbanyak Minum Air Mineral

    Sumber foto : http://cdn1-a.production.liputan6.static6.com

Minumlah setidaknya 8 gelas air mineral setiap hari agar energi anda tetap terjaga, pencernaan lancar dan konsentrasi anda tetap terjaga. Selain itu air mineral juga detox alami yang sangat berguna untuk membuang racun pada tubuh.

 

 

  1. Hindari makan makanan hasil olahan

    Sumber foto : https://cdns.klimg.com

Ada baiknya hindari makanan seperti roti putih, pasta, daging olahan, mayonaise, karena kandungan serat dan nutrisinya sangat berkurangan akibat proses pengolahan itu sendiri. Mengkonsumsi Roti Gandum dan Nasi Merah jauh lebih baik dibandingkan harus mengkonsumsi makanan olahan

 

 

  1. Selalu bawa Snack kemanapun anda pergi

    Sumber foto : http://centerstreetdental.net

Usahakan selalu membawa cemilan/snack disaat anda bepergian, snack yang dimaksud adalah buah atau sayur yang dipotong kecil-kecil, jus, ataupun oatmeal. Makanlah snack anda 3 jam sekali untuk membantu gula darah anda tetap stabil dan mencegah anda makan berlebihan.

 

 

  1. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

    Sumber foto : http://wartakesehatan.com

Konsumsilah buah dan sayur yang penuh warna, segar dan jangan lupa dicuci dulu sebelum dikonsumsi untuk menghilangkan zat-zat pestisida yang menempel pada buah atau sayur, pilihlah buah atau sayur yang anda sukai, karena manfaat dari buah ataupun sayur itu sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh anda

 

 

  1. Konsumsilah Suplemen

    Sumber foto : http://indonesia-4life.com

Tekanan dalam bekerja dapat mengurangi asupan nutrisi dalam tubuh kita, imbangi pola makan teratur anda dengan suplemen untuk memenuhi asupan nutrisi dalam tubuh anda, berikut adalah asupan suplemen yang dianjurkan untuk dikonsumsi :

  • Suplemen Multivitamin/mineral
  • Suplemen probiotik
  • Vitamin B-Complex (membantu mengurangi stress dan meningkatkan sistem imunitas)
  • Vitamin yang mengandung Omega 3
  • Minyak Ikan

 

Gimana? Sangat mudah bukan? Walaupun kamu tipe orang yang memiliki segudang aktifitas dan setumpuk deadline yang harus diselesaikan tapi jangan sampai melupakan kesehatan diri kamu sendiri.  Tidak peduli seberapa sibuknya kamu, karena kesehatan lebih penting dibanding dengan kesibukan kamu. Semoga tips yang DuniaMasak.com berikan ini berguna untuk kamu.

Jangan lupa juga untuk Follow kita di Instagram @duniamasakid  untuk dapat update info-info unik lainnya 😀

Share artikel ini:
Baca lainnya  Khasiat Serat Buah Pir, dan Cara Menyimpannya

One thought on “Tips Makan Untuk Orang Sibuk”

  1. Pingback: Sarapan yang Cocok Agar Tidak Ngantuk di Kantor
  2. Trackback: Sarapan yang Cocok Agar Tidak Ngantuk di Kantor

Yuk bahas artikel ini!