Tips Mengatasi Makanan Menumpuk Setelah Idul Fitri

Tips mengatasi makanan menumpuk setelah idul fitri via hellosehat.com ala tim duniamasak

Hari raya Idul Fitri dapat dijadikan momen untuk berkumpul kembali bersama keluarga, apalagi keluarga yang sudah lama tidak bertemu. Sebelum hari raya Idul Fitri tiba, sebagian masyarakat Indonesia sudah sibuk memikirkan rencana apa yang akan dilakukan untuk hari raya nanti dan umumnya yang paling utama adalah mudik atau pulang kampung sehingga dapat bertemu dengan keluarga yang jauh menjadi dekat. Momen ini juga digunakan masyarakat untuk berkunjung ke rumah-rumah tetangga ataupun sanak saudara untuk bersilaturahmi atau yang lebih dikenal dengan “halal bi-halal”, serta memohon maaf satu sama lain. Selain itu, selama perayaan berlangsung rumah yang dikunjungi akan menyediakan berbagai hidangan yang lezat dan nikmat. Lantas bagaimanakah mengatasi makanan yang menumpuk setelah idul fitri?

Banyaknya Makanan khas Idul Fitri

Tips mengatasi makanan menumpuk setelah idul fitri via idntimes.com ala tim duniamasak
Makanan lebaran via idntimes.com

Hidangan yang paling digemari di hari raya Idul Fitri adalah ketupat dan opor ayam yang memang sangat populer di Indonesia. Tak hanya hidangan utama, makanan penutup pun juga sangat disukai yaitu berbagai macam kue kering seperti nastar dan kue keju. Namun, terkadang terdapat masalah yang biasa dialami oleh orang yang melakukan open house yaitu dari banyaknya hidangan yang tersaji di rumah bisa saja masih tersisa makanan yang belum habis alias menumpuk. Daripada makanannya terbuang sia-sia, simak beberapa tips mengatasi makanan menumpuk setelah hari raya Idul Fitri yang dapat kalian coba di rumah.

Baca lainnya  5 Kesalahan Fatal dalam Membuat Bolu yang Wajib Kamu Ketahui!

Mengolah Kembali Sisa Makanan

Jika kalian mempunyai sisa makanan hari raya Idul Fitri, seperti opor atau rendang; kalian dapat menyisihkan kuah atau bumbu dari dagingnya kemudian suwir-suwir atau potong kotak-kotak daging lalu olah kembali menjadi makanan favorit kalian. Kalo Duma pasti akan membuat menu nasi goreng rendang yang pastinya masih enak untuk dinikmati serta mengenyangkan. Nasi goreng rendang bukan hanya bisa disantap sendiri, namun jika sisa daging rendangnya banyak, kalian juga bisa mengonsumsi kembali bersama keluarga.

Membekukan Makanan di dalam Freezer

Bahan makanan seperti rempah-rempah, kue, roti, sayuran dan buah-buahan yang belum seluruhnya digunakan, dapat dibekukan di dalam freezer. Tak perlu takut karena akan expired, pastikan bahan makanan disimpan dalam wadah yang tertutup rapat dan aman. Bahan makanan ini tentunya dapat dipakai kembali di rumah. Jika ingin dikonsumsi, kalian hanya tinggal menghangatkan kembali bahan-bahan tersebut dengan magic com kemudian dapat dipadukan dengan makanan lain lalu menyantapnya kembali.

Baca lainnya  Trik Membuat Kue Klepon Agar Bulat Sempurna & Enak

Membagikan Makanan Kepada yang Membutuhkan

Di bulan yang penuh berkah ini dapat dijadikan momen tepat untuk berbagi. Cara yang paling mudah untuk dilakukan jika kalian mempunyai makanan menumpuk setelah Idul Fitri adalah dengan membagikan hidangan tersebut kepada orang-orang yang membutuhkan serta dapat dilakukan langsung pada hari H lebaran atau hari berikutnya. Selain itu, kalian juga dapat memberikan ke tetangga dan kerabat terdekat. Perlu diperhatikan bahwa selama hidangan tersebut masih layak dikonsumsi dan dikemas dengan baik dan benar, mereka yang menerima pasti akan dengan senang hati menerima pemberian kalian.

Sekian beberapa tips dari tim duniamasak yang bisa kalian coba untuk mengatasi makanan yang menumpuk setelah idul fitri. Secara tidak langsung, kita juga sedang menerapkan Zero Waste Lifestyle dengan 3 prinsip yaitu Reduce, Reuse, Recycle yang akan membantu aksi Go Green. Jadi, mari bersama tebarkan berkah di bulan suci kepada keluarga, teman, orang lain, serta lingkungan.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!