Yuk, Simak Tips Menyimpan Bumbu Dapur Yang Benar

Menyimpan bumbu dapur via freepik ala duniamasak

Bumbu dapur adalah bahan yang akan ditambahkan kedalam masakan. Bumbu dapur memiliki fungsi untuk menyedapkan atau membangkitkan rasa suatu masakan. Bumbu ini bisa berbentuk basah maupun kering. Supaya lebih praktis saat memasak, biasanya para ibu rumah tangga menyimpan stok bumbu di dalam dapurnya. Namun perlu diperhatikan bahwa ketika menyimpan bumbu dapur dengan jumlah yang banyak, sebaiknya jangan menaruhnya dengan sembarang. Maka dari itu, perlu adanya tips khusus untuk menyimpan semua bumbu dapur ini agar awet dan tahan lama. Yuk, simak bersama dibawah ini:

Tips Menyimpan Bumbu Dapur

tips menyimpan bumbu dapur capodimonte via duniamasak
Tempat penyimpanan bumbu dapur via duniamasak

Simpan bumbu di tempat yang kering

Ada beberapa orang yang mengira semua bumbu perlu disimpan di kulkas agar lebih awet, namun pada kenyataannya tidak. Setelah membeli bumbu dapur, sebaiknya disimpan pada tempat terbuka dan bersuhu normal (ruangan). Bumbu dapur sangat sensitif pada lingkungan yang basah dan lembap. Menyimpan bumbu dapur di tempat yang kering bertujuan agar dapat membuatnya tahan lama hingga jangka waktu lebih dari satu bulan. Carilah wadah yang cocok dengan tekstur dan ukuran setiap bumbu dapur serta pastikan wadah telah dicuci bersih.

Baca lainnya  Ternyata Berikut ini Makanan Kesukaan Berdasarkan Zodiakmu

Simpan bumbu halus di wadah tertutup

Terdapat beberapa jenis bumbu dapur yang sering digunakan oleh ibu rumah tangga, mulai dari rempah yang berbentuk daun hingga bumbu dapur halus seperti lada bubuk dan kunyit bubuk. Untuk jenis bumbu dapur dengan tekstur halus dan bubuk, simpanlah di dalam wadah tertutup. Pilih wadah berbahan plastik yang tertutup rapat dan kedap air serta udara agar kualitas bumbu dapat terjaga dan awet.

Jauhkan bumbu dari sinar matahari langsung

Pasti sudah banyak diketahui bahwa kebanyakan bahan makanan akan sangat sensitif pada sinar matahari langsung. Oleh karena itu, bumbu dapur juga perlu disimpan di tempat yang terhindar dari sinar matahari langsung. Jika tidak, sinar matahari akan dapat membuat bumbu menjadi kering, berubah warna, bahkan busuk.

Baca lainnya  Minum Jus yang Lebih Sehat, Ketahui Dulu Hal Berikut Ini!

Hindari menyimpan bumbu dekat kompor

Hampir sama dengan penjelasan sinar matahari langsung, dengan menyimpan bumbu dapur dekat kompor maka dapat membuatnya menjadi cepat busuk. Sifat panas dari kompor juga akan membuat bumbu menjadi cepat kering dan berubah warna. Maka dari itu, simpanlah bumbu dapur di tempat yang agak jauh dari kompor namun masih dapat terjangkau untuk mempermudah kegiatan memasak.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!