12 Peralatan Bakery Serta Fungsinya!

Untuk menjalankan bisnis bakery, kita harus mengenal semua peralatan bakery dan fungsinya. Ada banyak alat yang bisa digunakan untuk mempermudah pembuatan kue, mulai dari sendok takar dan gelas hingga alat untuk dekorasi dan finishing. Yuk cari tahu peralatan bakery serta fungsinya disini!

Cari Tahu Peralatan Bakery Serta Fungsinya Disini

Bisnis Kue Rumahan Yuk via freepik.com 12 Peralatan Bakery Serta Fungsinya!
Peralatan bakery via freepik.com

Ada berbagai jenis peralatan yang digunakan dalam industri roti untuk membantu proses pembuatan roti. Alat ini termasuk hal-hal seperti oven, mixer, dan banyak lagi. Beberapa alat tersebut harus dimiliki oleh pembuat roti, sementara yang lain dapat digunakan tetapi memerlukan instruksi khusus dari ketika membuat roti. Berikut ini adalah peralatan bakery serta fungsinya:

Timbangan Digital

Timbangan digital adalah cara paling akurat untuk mengukur tepung. Tepung dapat bervariasi beratnya tergantung bagaimana cara mengukurnya, jenis cangkir apa yang dimasukkan, dan seberapa lembab udara pada hari itu. Oleh karena itu, untuk mendapatkan hasil pengukuran yang akurat diperlukan timbangan digital.

Gelas dan Sendok Ukur

Pembuat roti membutuhkan dua alat untuk membuat kue atau biskuit yang sempurna yaitu, gelas ukur dan sendok. Gelas ukur kaca bagus untuk mengukur cairan, sedangkan sendok dan gelas ukur logam bagus untuk membuat rata bahan kering.

Mangkuk

Mangkuk adalah alat yang baik untuk digunakan saat mencampur bahan. Untuk memanggang, sebaiknya gunakan mangkuk kaca atau stainless steel daripada plastik.

Baca lainnya  #ARTOTELforHOPE, Harapan Untuk Sahabat Dengan Mental Disabilitas

Ayakan atau Saringan

Saringan adalah alat yang sangat terjangkau yang sering digunakan dalam resep. Kita juga bisa menggunakan saringan dengan jaring halus agar peralatan bakery semakin lengkap.

Spatula Silikon

Spatula silikon penting untuk memanggang karena tahan panas, tidak menodai atau merusak rasa, dan sangat penting untuk mencampur bahan dengan lembut, seperti campuran kue, meringue, atau krim kocok.

Blender Pastry

Alat ini dapat membantu kita memecah lemak menjadi bahan kering sehingga kita dapat membuat biskuit, scone, kulit pie, dan sejenisnya. Jika tidak ingin melakukannya secara manual, kita juga bisa menggunakan food processor.

Penggiling Adonan

Penggiling adonan adalah alat yang berguna untuk menggulung adonan kue dan puff pastry. Kita juga dapat menggunakannya untuk menghancurkan biskuit atau kerupuk jika diperlukan dalam resep. Masukkan saja ke dalam kantong zip tertutup, lalu gunakan rolling pin untuk menghancurkannya.

Spatula Offset

Ini adalah alat yang terbuat dari stainless steel fleksibel yang tersedia dalam berbagai ukuran. Biasanya dibulatkan di ujungnya dan bagus untuk membekukan kue atau menyebarkan adonan di loyang jelly roll. Spatula berukuran sedang dengan pegangan yang nyaman adalah pilihan serbaguna yang bagus.

Mixer Listrik atau Stand Mixer

Mixer elektrik atau stand mixer dapat membuat proses memanggang kita jauh lebih mudah, mulai dari menguleni adonan hingga mengocok putih telur. Meskipun harganya relatif mahal, mereka merupakan investasi yang bagus untuk dapur kita.

Baca lainnya  Menelusuri Garden Restaurant Di Jakarta

Whisk

Pengocok atau whisk adalah alat penting untuk mencampur bahan secara menyeluruh.

Piping Bag

Piping bag adalah alat yang sangat penting untuk menghias kue atau produk roti lainnya, dan bisa sangat membantu jika memiliki desain yang rumit dan harus presisi.

Timer

Meskipun biasanya dapat mengetahui apakah kue sudah matang dengan melihatnya, akan jauh lebih mudah untuk menentukan statusnya dengan penghitung waktu.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan