4 Bahan Pengganti Santan yang Lebih Sehat

Bahan pengganti santan yang lebih sehat via freepik ala duniamasak

Santan atau coconut milk merupakan cairan yang berwarna putih seperti susu yang berasal dari kelapa. Banyak masakan Indonesia yang menggunakan bahan ini untuk membuat rasa makanan menjadi lebih lezat. Mulai dari opor ayam, soto, lodeh, gulai, hingga kue jajanan pasar. Dibalik kenikmatannya, santan memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi sehingga dapat menyebabkan kolesterol. Maka dari itu, sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan atau diganti dengan bahan yang lebih aman. Berikut 4 bahan pengganti santan yang lebih sehat dan bisa digunakan untuk segala masakan.

Beberapa Bahan Pengganti Santan

Minuman sehat jantung Susu via freepik ala duniamasak
Susu via freepik

Susu cair

Susu cair yang berasal dari hewan, tentu merupakan bahan alami yang cocok untuk menggantikan santan. Banyak orang yang tinggal di luar Indonesia, lebih sering menggunakan susu cair untuk bahan masakan karena lebih sehat dan teksturnya yang lebih creamy. Biasanya, susu ini dimasak untuk cream soup dan pudding sehingga lebih gurih.

Baca lainnya  Pengaruh Kopi Bagi Kesuburan Pasutri, Penting untuk Dibaca!

Susu evaporasi

Susu evaporasi atau yang juga biasa disebut sebagai susu kental manis tanpa gula adalah salah satu olahan susu segar yang beberapa kadar airnya dihilangkan. Rasanya yang tawar, mampu menghasilkan rasa yang gurih dan creamy juga. Umumnya, susu ini dipakai untuk masakan berkuah seperti lodeh dan dalam pembuatan dessert seperti buko.

Yogurt

Yogurt merupakan bagian dari olahan susu yang mempunyai rasa lebih asam dan teksturnya lebih creamy. Olahan western food sering menggunakan yogurt untuk bahan masakan seperti smoothie, kue tart, kuah kari, dan lainnya. Karena rasanya yang asam dibandingkan dengan susu, perlu diperhatikan bahwa tidak semua masakan cocok untuk menggunakan yogurt sehingga lebih baik melihat resep yang tepat.

Baca lainnya  Cermati Perbedaan Oven dan Microwave Berikut ini!

Whipped cream

Whipped cream atau krim kental juga bisa dijadikan bahan untuk menggantikan santan. Krim ini banyak ditemukan di toko kue dan roti karena biasanya dipakai untuk  keperluan baking dan pastry. Tentu bahan ini akan menciptakan tekstur yang lebih creamy juga. Biasanya, whipped cream digunakan dalam pembuatan kue pie, cupcakes, dan kue tart.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!