4 Jenis Minyak untuk Memasak dan Kandungannya

Jenis minyak dan kandungannya via freepik ala duniamasak

Minyak paling sering digunakan untuk kebutuhan dapur dalam mengolah masakan. Minyak ini disebut sebagai minyak sayur yang merupakan lemak yang diperoleh dari sayuran, biji-bijian, atau buah. Minyak yang didapatkan dari biji-bijian misalnya minyak biji wijen dan minyak almond. Minyak yang didapatkan dari buah misalnya minyak zaitun dan minyak kelapa. Apa saja perbedaan dan masing-masing kandungan dari 4 jenis minyak untuk memasak ini? Simak penjelasannya hanya di blog Duniamasak.com!

Beberapa Jenis Minyak dan Kandungannya

Minyak via pixabay.com
Minyak via pixabay.com

Minyak Biji Wijen

Minyak biji wijen adalah minyak yang didapatkan dari ekstrak biji wijen. Minyak ini sangat populer dengan kualitasnya yang bagus karena kandungan nutrisinya sangat tinggi. Selain itu, minyak biji wijen juga mengandung lemak tidak jenuh, tokoferol, sesamin, sesamolin, dan antioksidan. Kandungan tersebut dapat berguna untuk menurunkan kolesterol serta mencegah tekanan darah tinggi. Biasanya, minyak ini sangat cocok dipakai untuk menumis dan bahan dressing salad sayur.

Baca lainnya  Kangen Cita Rasa Kopi Khas Nusantara? Ke Tanamera Coffee Aja!

Minyak Almond

Minyak almond adalah minyak yang diperoleh dari biji kacang almond kering. Minyak ini mempunyai kandungan asam lemak tidak jenuh tunggal, vitamin E, dan antioksidan yang tinggi. Kandungan tersebut dapat berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan hati dan jantung, serta menjaga kesehatan kulit. Sama seperti minyak biji wijen, umumnya minyak almond juga digunakan untuk menumis dan bahan dressing salad sayur.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun atau yang lebih dikenal dengan olive oil adalah minyak yang diperoleh dari buah zaitun Β pohon tradisional dari basin Mediterania. Minyak ini memiliki kandungan lemak jenuh, omega-6, dan asam lemak omega-3. Kandungan tersebut dapat berguna untuk menurunkan kolesterol, mencegah tekanan darah tinggi, dan mencegah penyakit jantung. Minyak zaitun bisa dipakai untuk mengolah masakan dan untuk bahan dressing salad sayur.

Baca lainnya  Persiapan Lebaran Dengan Bolde Super Mop Menyulap Rumah Menjadi Mengkilap

Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah minyak yang diperoleh dari kelapa sawit. Minyak ini mempunyai kandungan lemak jenuh dan tahan terhadap oksidasi. Kandungan tersebut dapat berguna untuk mencerahkan kulit, melembabkan wajah, dan meningkatkan fungsi otak. Minyak kelapa sangat cocok dipakai untuk memasak dengan metode menggoreng.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!