Apa Sih Fungsi dari Penggunaan Celemek?

Celemek atau yang biasanya disebut dengan apron sangat sering kita jumpai karena sebagai pelindung tubuh saat kita hendak memasak. Celemek pun menjadi salah satu aksesoris memasak yang cukup penting karena memiliki banyak kegunaan. Lalu, apa saja fungsi dari penggunaan celemek? Yuk kita intip ulasannya dari tim Duniamasak.

Celemek dan Fungsinya

Fungsi dari Penggunaan Celemek via freepik ala tim duniamasak.com
Celemek via freepik

Celemek atau apron ternyata berasal dari bahasa Perancis yaitu naperon, artinya serbet. Tidak heran bila fungsinya pun tidak jauh berbeda dengan terjemahan tersebut. Berikut ini adalah fungsi dari penggunaan celemek yang wajib sahabat Duma ketahui!

Menghindari resiko terluka

Resiko terluka saat di dapur pasti ada, salah satunya yang sering terjadi adalah jari tangan yang tanpa sengaja menyentuh bagian panci atau wajan penggorengan yang panas sehingga melukai jari tangan tersebut.

Celemek yang kita gunakan dapat mengindari resiko terluka, pasalnya celemek tersebut dapat kita jadikan sebagai alas ataupun alat untuk membawa panci atau peralatan dapur lainnya yang panas untuk menghindari resiko terluka akibat peralatan dapur yang panas. Selain untuk menghindari resiko terkena benda-benda panas, celemek juga dapat dijadikan alas untuk memegang bahan-bahan masakan yang licin saat hendak di iris atau dipotong dengan pisau.

Baca lainnya  Yuk Cari Tahu Apa Itu Teknik Au Bain Marie?

Membawa makanan

Siapa sangka celemek juga dapat membawa bahan-bahan masakan yang ingin diolah. Biasanya kita sering menggunakan plastik atau wadah lain untuk membawa bahan masakan ke dapur dari kulkas. Dengan celemek kita dapat mengumpulkan bahan-bahan masakan tersebut dan membawanya ke dapur. Sehingga kita perlu bolak-balik untuk mengambil bahan masakan. Hal tersebut juga dapat menghemat waktu dalam memindahkan bahan masakan.

Membersihkan noda

Memasak di dapur tidak luput dari noda seperti minyak goreng, air, atau noda dari bumbu-bumbu masakan. Hal tersebut dapat membuat area sekitar dapur menjadi mudah licin dan membahayakan kita. Bila kain lap sulit untuk dijangkau, kita dapat menggunakan celemek sebagai alternatif. Celemek dapat berfungsi untuk membersihkan noda dengan cepat.

Membawa peralatan masak

Beberapa celemek umumnya dilengkapi dengan kantung pada bagian depan ataupun dada. Kantung tersebut dapat sahabat Duma manfaatkan untuk membawa peralatan memasak seperti spatula ataupun mungkin tempat bumbu. Dengan memanfaatkan kantung tersebut dapat memudahkan kita dalam memasak.

Baca lainnya  Minuman Dengan Campuran Roti Tawar, Bikin Kenyang!

Menjaga kebersihan

Celemek yang kita gunakan dapat menjaga kebersihan pada pakaian kita. Pasalnya percikan minyak saat memasak, maupun noda dari bahan masakan lainnya tidak langsung mengenai pakaian kita. Sehingga pakaian akan tetap terjaga kebersihannya.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan