Asal Usul Ketoprak, Yuk Cari Tahu!

Makanan ketoprak dikenal luas dan disukai oleh banyak orang, karena telah menjadi kuliner yang menonjol di Jakarta. Hidangan lezat ini termasuk masakan khas Indonesia yang memikat selera penduduk lokal dan turis. Sementara beberapa mengaitkan konsep makanan ketoprak dengan Jakarta, yang lain berpendapat bahwa akarnya dapat ditelusuri kembali ke kota Cirebon yang mempesona. Nah kita cari tahu yuk asal usul ketroprak disini!

Asal Usul Ketoprak

Asal Usul Ketoprak, Yuk Cari Tahu! via finnafood ala tim duniamasak.com
Ketoprak via finnafood

Makanan ketoprak adalah makanan lezat dengan campuran tahu goreng, lontong, bihun, tauge, kol, dan timun dengan saus spesial yang terbuat dari kacang tanah dan kecap manis serta kerupuk sebagai toping.

Ketoprak merupakan salah satu jenis makanan yang biasa ditemukan di Jakarta. Lebih mudah menemukannya di sana, terutama dari pedagang kaki lima. Apalagi ketoprak juga dikenal sehat dan tidak mahal.

Banyak orang tidak yakin dari mana makanan ketoprak berasal. Ada yang mengira berasal dari Jakarta, ada juga yang mengira berasal dari Cirebon. Makanan ketoprak memang sangat populer di Jakarta. Diyakini berasal dari dua tempat, tetapi paling dikenal dan dicintai di Jakarta. Kita bisa menemukan banyak orang yang menjual ketoprak di pinggir jalan, bahkan di malam hari. Bumbu kacang yang ada di ketoprak rasanya enak, seperti perpaduan berbagai rasa yang nikmat.

Baca lainnya  Perbedaan Baking Paper dan Kertas Roti

Tahukah sahabat Duma dari mana nama ketoprak berasal? Namanya diambil karena terdengar seperti suara piring yang jatuh. Orang yang menciptakan makanan ini ingin membuat sesuatu yang unik dan enak untuk menarik pelanggan.

Dia menciptakan hidangan yang enak dengan menggabungkan rasa dari bawang putih, kacang tanah, dan cabai. Dia mencampur semuanya dan menuangkannya ke makanan yang dia miliki, seperti mie, tahu, dan kue beras.

Begitu dia selesai membuat makanan, dia tidak sengaja menjatuhkannya dan jatuh dari piring, membuat suara keras. Karena itulah makanan ini disebut ketoprak. Beberapa orang juga beranggapan bahwa nama ketoprak berasal dari gabungan kata ketupat dan tauge yang digeprek.

Baca lainnya  Resolusi Diet Sehat di Tahun 2019 Ala Tim DuniaMasak

Wah menarik ya sahabat Duma asal usul ketoprak? Berawal dari ketidaksengajaan, hingga tercetus nama ketoprak. Sahabat Duma punya tempat favorit makan ketoprak dimana?

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan