Cara Membersihkan Peralatan Masak Kayu di Rumahmu

Peralatan masak kayu cara membersihkannya gampang-gampang susah lho sahabat Duma! Kamu harus membersihkannya dengan telaten. Karena peralatan masak berbahan kayu, makanan akan lebih mudah lengket dan menempel lebih lama. Bagaimana sih cara membersihkannya? Yuk simak penjelasan DuniaMasak berikut!

Tips Merawat Peralatan Masak Kayu

Peralatan Masak Kayu via www.qlapa.com

Peralatan Masak Kayu via www.qlapa.com

1. Jangan Direndam

Terutama alat masak yang berbahan kayu sebaiknya langsung dicuci dan tidak direndam dengan air dulu ya! Biasanya kita sering salah tanggap dengan membeiarkan alat masak kayu terendam lebih lama di dalam air. Hal ini berbahaya lho! Sebab, bahan kayu ini berpori dan bisa menyerap air. Bahan kayu yang mengandung air akan mudah berjamur. Namun, pengecualian untuk sendok nasi berbahan kayu yang tertempel banyak nasi, boleh-boleh saja kamu merendamnya dengan air, asalkan jangan terlalu lama ya!

2. Gunakan Sikat

Metode terbaik untuk membersihkan peralatan masak kayu adalah dengan menyikatnya. Kamu bisa menggunakan sabun cuci yang dicampur air panas agar kotoran bisa dituntaskan dengan sempurna. Untuk peralatan masak kayu yang berukuran kecil, tidak perlu menggunakan sikat besar, cukup gunakan sikat kecil seperti sikat gigi. Tapi, kalau alat masak kayunya berukuran besar seperti talenan, kamu bisa menggunakan sikat cuci agar lebih mudah dibersihkan.

Spatula Set Tanica via www.duniamasak.com

Spatula Set Tanica via www.duniamasak.com

3. Keringkan Sebelum Disimpan

Berbeda dengan proses pembersihan alat masak lain. Jika alat masak lain biasanya ditiriskan atau cukup ‘diangin-anginkan’, maka alat masak kayu ini wajib dikeringkan sebelum disimpan. Karena, alat masak kayu tersebut bisa berjamur dan berubah warna jika dibiarkan lembap dan disimpan di dalam tempat yang kurang cahaya. Gunakan kain kering untuk mengelap alat masak kayu ini.

4. Bahan-Bahan Alami sebagai Zat Pembersih

Selain sabun cuci piring, alat masak kayu juga cocok dibersihkan dengan menggunakan bahan-bahan yang bersifat sama dengan kayu, yaitu alami. Berikut adalah bahan-bahan natural yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan peralatan masak kayu:

Baca lainnya  Chef Wanita di Indonesia, Keren Semua!

Baking Soda

Demi menghilangkan bau apek di alat masak kayu, gunakan baking soda yang dicampur dengan air sabun dengan perbandingan 1:2. Gosok alat masak kayu dengan campuran ini dan bilas hingga bersih. Bau apek pun dijamin akan hilang. Selain dengan air sabun, kamu juga bisa mencampur baking soda dengan garam. Campuran ini bisa menghilangkan noda dan kotoran yang susah hilang pada alat masak kayu. Gunakan sikat cuci yang sudah dicelup air panas untuk menggosok alat masak kayu yang sudah dioles campuran baking soda dan garam.

Air Panas

Alat masak kayu mempunyai pori-pori yang bisa menyerap bahan atau sisa masakan, sehingga kalau tidak dibersihkan dengan baik malah bisa menjadi sumber kontaminasi penyakit. Setelah menggunakannya, kamu dapat mencuci alat masak kayu ini dengan air panas. Dengan cara ini, kamu bisa membersihkan sekaligus mematikan kuman-kuman yang mungkin ada di dalam pori-pori alat masak kayu tersebut.

Lemon

Selain baik untuk kesehatan, lemon ternyata juga bisa digunakan untuk membersihkan peralatan dapur-mu lho! Kamu bisa merendamnya selama 10-15 menit dalam campuran perasan lemon dan air panas, kemudian cuci bersih seperti biasa.

Selain dicampur dengan air panas, kamu bisa juga membersihkan alat masak kayu dengan campuran lemon dan garam. Kamu bisa menaburkan garam pada alat masak kayu, lalu gosok dengan potongan buah lemon. Lemon ini mampu menghilangkan minyak dan kotoran pada alat masak kayu, juga menghilangkan bau apek dan bakteri.

Cuka

Selain menghilangkan bakteri, cuka juga bisa digunakan sebagai penetralisir bau pada alat masak kayu. Kamu bisa menyemprot atau menuang cuka pada alat masak kayu, lalu gosok hingga bersih.

Baca lainnya  Fakta Seputar Kopi untuk Anak: Simak Penjelasannya di Bawah!

Minyak Zaitun

Bahan yang satu ini bukan digunakan untuk membersihkan, melainkan untuk melapisi permukaan alat masak kayu. Setelah dicuci bersih, kamu bisa menggunakan minyak zaitun atau minyak mineral untuk merawat dan membuat alat masak kayu jadi tahan lama. Cukup olesi alat dengan minyak sebulan sekali, tidak perlu setiap habis digunakan. Setelah diolesi minyak, lap kering alat masak kayu, lalu tunggu sampai benar-benar kering baru digunakan kembali. Dengan cara ini, alat masak kayu bisa lebih awet karena minyak sudah melapisi pori-porinya, sehingga tidak ada air atau bakteri yang masuk.

Cara-cara ini tidak hanya berlaku bagi alat masak kayu seperti spatula, sendok dan garpu saja lho, tetapi juga bisa diterapkan saat sedang membersihkan talenan kayu atau cobek. Bagaimana Sahabat duma? Kamu harus mencoba tips di atas ya!

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan